Rabu, 24/04/2024 03:57 WIB

Awas Pelecehan Seksual! TransJakarta Siapkan Petugas Keamanan dan CCTV dalam Bus

Belajar dari kasus pelecehan yang terjadi baru-baru ini, Bus TransJakarta langsung lakukan pengamanan maksimal.

TransJakarta di Harmoni. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- PT TransJakarta akan menempatkan petugas keamanan di dalam bus. Langkah tersebut untuk memperketat pengawasan demi mencegah tindak pelecehan seksual.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Apriastini Bakti Bugiansti mengatakan selama ini petugas keamanan berseragam hanya berjaga di sekitar halte bus. Ke depan, petugas berjaga di dalam bus secara mobile untuk mencegah tindak kriminal.

"Sehingga petugas-petugas tersebut saat ini kita alihkan untuk jaga di dalam bus-bus layanan TransJakarta," kata Apri dalam keterangan tertulis, Selasa (28/2/2023).

Menurur Apri, keberadaan petugas pramusapa maupun petugas keamanan di dalam bus sebagai upaya untuk mencegah kasus pelecehan seksual di TransJakarta. Dengan begitu, keamanan dan kenyamanan penumpang bus lebih baik.

"TransJakarta selalu berupaya untuk memberi rasa aman nyaman kepada pelanggan TransJ, khususnya dalam mencegah tindak pidana sex predator," tuturnya.

Selain penempatan petugas keamanan, lanjut Apri, TransJakarta juga telah berupaya memperluas operasi armada bus pink khusus perempuan. Armada bus reguker juga memiliki ruangan khusus wanita di setiap armada bus dan dilengkapi dengan kamera pengawas (CCTV).

"Kami harap aksi predator seksual dapat diredam dengan upaya-upaya yang kami lakukan. Kami juga mengimbau kepada para pelanggan wanita tidak perlu khawatir memanfaatkan layanan TransJakarta," tukasnya.

KEYWORD :

Pelecehan Seksual TransJakarta Petugas Keamanan CCTV




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :