Jum'at, 19/04/2024 21:18 WIB

Zelenskyy Berencana Bertemu Presiden Xi Jinping untuk Bahas Perdamaian

Zelenskyy tidak mengatakan kapan atau di mana dia berencana untuk bertemu Xi, tetapi mengungkapkan harapan bahwa China akan mendukung perdamaian yang adil dan Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara selama sesi parlemen di Kyiv, Ukraina, pada 3 Mei 2022. (Foto: Layanan Pers Presiden Ukraina/Handout via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan berencana untuk bertemu dengan mitranya dari China, Xi Jinping setelah Beijing menyerukan pembicaraan damai yang mendesak untuk mengakhiri perang di Ukraina.

Zelenskyy juga mengatakan dia melakukan yang terbaik untuk mencegah pasokan senjata Negeri Tirai Bambu ke Rusia untuk menghindari risiko "Perang Dunia III".

"Saya berencana untuk bertemu dengan Xi Jinping," katanya kepada wartawan saat Ukraina memperingati satu tahun invasi Rusia. "Ini akan menjadi penting untuk keamanan dunia."

Zelenskyy tidak mengatakan kapan atau di mana dia berencana untuk bertemu Xi, tetapi mengungkapkan harapan bahwa China akan mendukung perdamaian yang adil dan Ukraina.

"Saya benar-benar ingin percaya bahwa China tidak akan memasok senjata ke Rusia. Ini sangat penting bagi saya," kata Zelenskyy.

Sebelumnya pada Jumat, China menyerukan pembicaraan damai yang mendesak karena merilis kertas posisi untuk mengakhiri perang di Ukraina. Namun, beberapa negara Barat menolak proposal tersebut dan juga memperingatkan hubungan dekat Beijing dengan Moskow.

Beijing telah berusaha memposisikan dirinya sebagai pihak netral dalam konflik tersebut, sambil mempertahankan hubungan dekat dengan sekutu strategis Rusia.

Menanggapi kertas posisi baru Beijing, Moskow mengatakan "sangat menghargai" kontribusi China tetapi bersikeras setiap penyelesaian konflik harus mengakui kendali Rusia atas empat wilayah Ukraina yang dicaploknya.

Zelenskyy juga mengatakan pada hari Jumat bahwa dia yakin bahwa hanya negara yang wilayahnya diserang yang dapat memulai "inisiatif perdamaian apa pun".

Barat, yang telah memberlakukan sanksi yang semakin ketat terhadap Rusia dan meningkatkan bantuan kemanusiaan dan pasokan senjata untuk Ukraina, meluncurkan lebih banyak bantuan pada Jumat (24/2).

Amerika Serikat (AS) mengumumkan sanksi besar-besaran yang ditujukan tidak hanya pada Rusia tetapi juga pada 200 individu dan entitas di seluruh Eropa, Asia, dan Timur Tengah yang mendukung perang Moskow.

Setelah panggilan video, sekutu G7 memperingatkan: "Negara ketiga atau aktor internasional lainnya yang berusaha menghindari atau merusak tindakan kami" harus "berhenti memberikan dukungan material untuk perang Rusia, atau menghadapi kerugian besar".

Paket bantuan baru Washington datang beberapa hari setelah Presiden Joe Biden tiba di Kyiv untuk kunjungan bersejarah dan menjanjikan pengiriman senjata baru.

Namun, Biden pada hari Jumat mengesampingkan penyediaan jet tempur F-16 yang diminta Ukraina, setidaknya untuk saat ini, mengatakan kepada ABC News dalam sebuah wawancara bahwa Zelenskyy tidak membutuhkan F-16 sekarang.

"Dengar, kami mengiriminya apa yang menurut militer berpengalaman kami dibutuhkannya sekarang. Ia membutuhkan tank, ia membutuhkan artileri, ia membutuhkan pertahanan udara, termasuk Himars," kata Biden.

"Ada hal-hal yang kami kirim kepadanya untuk menempatkannya pada posisi untuk mendapatkan keuntungan musim semi ini dan musim panas menuju musim gugur."

Uni Eropa juga menyetujui babak baru sanksi, dan bersama dengan kontribusi dari Swedia dan Portugal, Jerman mengatakan telah berhasil merakit satu batalion tank Leopard 2 modern untuk Ukraina.

Bank Dunia secara terpisah mengumumkan tambahan US$2,5 miliar bagi Ukraina untuk mendukung layanan penting dan fungsi inti pemerintah.

Pada hari Jumat, setelah satu menit hening di Dewan Keamanan, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengecam tindakan militer Rusia, mengatakan itu telah membuat hidup Ukraina menjadi "neraka hidup".

Sumber: AFP

KEYWORD :

Satu Tahun Invasi Rusia ke Ukraina a Volodymyr Zelenskyy Negara Barat China Xi Jinping




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :