Sabtu, 20/04/2024 10:40 WIB

Mantan Bos ExxonMobil Dikukuhkan Jadi Menlu AS

Tillerson mengatakan bahwa China harus berhenti membangun pulau di Laut China Selatan.

Rex Tillerson

Washington - Mantan Kepala ExxonMobil Rex Tillerson dikukuhkan sebagai Menteri Luar Negeri oleh Senat Amerika Serikat (AS). Tillerson mendapat suara dukungan 56 berbanding 43. Tiga anggota parlemen Demokrat dan satu independen bergabung dengan kalangan Republik memberikan persetujuan, ketika senator Demokrat, Chris Coons tidak mengikuti pemungutan suara.
Pengukuhan diberikan kendati ada keraguan menyangkut sikap Tillerson terhadap Rusia, mengingat sang mantan kepala perusahaan itu sebelumnya memiliki hubungan bisnis dengan Rusia serta hubungan dengan pemimpin negara itu.

Tillerson yang menyebut Rusia sebagai "bahaya" bagi Amerika Serikat, mengatakan ia mendukung penerusan sanksi AS terhadap Moskow. "Rusia saat ini berbahaya, tapi bisa diduga dalam memajukan kepentingannya," ujar Tillerson. "Tepat jika sekutu-sekutu kita di NATO berhati-hati terhadap kebangkitan kembali Rusia." Tambah pria kelahiran 23 Maret 1952 ini saat menyampaikan pidato pengukuhannya, Rabu (1/2) waktu setempat.

Tillerson juga merekomendasikan "peninjauan kembali secara penuh" kesepakatan nuklir dengan Iran. Namun, Tillerson tidak meminta agar perjanjian itu ditolak.

Mengenai sengketa Laut China Selatan, Tillerson mengatakan bahwa China harus berhenti membangun pulau di Laut China Selatan. Negeri Tirai Bambu itu harus dihadang agar tidak memasuki kepulauan di wilayah itu, yang dianggap Cina sebagian bagian tak terpisahkan dari wilayah negaranya.

Tillerson dikenal luas sebagai sosok yang menentang sanksi terhadap Rusia ketika ia masih aktif di perusahaan ExxonMobil yang dipimpinnya. Ia menolak menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai penjahat perang karena dirinya telah mengenal Putin sejak 1990-an. Tillerson mendapat penghargaan Tanda Jasa Persahabatan dari Putin pada 2013. Ant/Xinhua

KEYWORD :

Senat Rex Tillerson Menteri Luar Negeri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :