Jum'at, 19/04/2024 08:47 WIB

Korban Tewas Gempa Dahsyat Turkiye-Suriah Capai 7.800 Orang

Ada kekhawatiran bahwa jumlah korban akan terus meningkat. WHO sendiri memperkirakan 20.000 orang telah meninggal.

Warga mencari korban selamat di reruntuhan bangunan yang runtuh di kota Sarmada di provinsi Idlib barat laut Suriah (Muhammad Has Kadour/AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Tim penyelamat di Türkiye dan Suriah berjuang melawan hawa dingin pada Selasa (7/2) untuk menemukan korban selamat di bawah bangunan yang rata akibat gempa bumi yang menewaskan lebih dari 7.800 orang.

Tremor yang menimbulkan lebih banyak penderitaan di daerah perbatasan, yang sudah dilanda konflik, membuat orang-orang di jalanan membakar puing-puing untuk mencoba tetap hangat saat bantuan internasional mulai berdatangan.

Tetapi beberapa kisah bertahan hidup yang luar biasa telah muncul, termasuk bayi yang baru lahir yang ditarik hidup-hidup dari puing-puing di Suriah, masih terikat tali pusar ke ibunya yang meninggal dalam gempa hari Senin.

"Kami mendengar suara saat sedang menggali," kata Khalil al-Suwadi, seorang kerabat, kepada AFP. "Kami membersihkan debu dan menemukan bayi dengan tali pusar (utuh) jadi kami memotongnya dan sepupu saya membawanya ke rumah sakit."

Bayi itu adalah satu-satunya yang selamat dari keluarga terdekatnya, sisanya tewas di kota Jindayris yang dikuasai pemberontak.

Gempa berkekuatan 7,8 melanda pada hari Senin ketika orang-orang tidur, meratakan ribuan bangunan, menjebak sejumlah orang yang tidak diketahui dan berpotensi berdampak pada jutaan orang.

Seluruh barisan bangunan runtuh, meninggalkan beberapa kerusakan terparah di dekat pusat gempa antara kota Gaziantep dan Kahramanmaras di Turki.

Kehancuran tersebut menyebabkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa mengumumkan keadaan darurat selama tiga bulan di 10 provinsi tenggara.

Puluhan negara termasuk Amerika Serikat (AS), China, dan Negara-negara Teluk telah berjanji untuk membantu, dan tim pencari serta pasokan bantuan mulai berdatangan melalui udara.

Namun orang-orang di beberapa daerah yang paling terpukul mengatakan mereka merasa harus berjuang sendiri.

"Saya tidak bisa mendapatkan saudara saya kembali dari reruntuhan. Saya tidak bisa mendapatkan kembali keponakan saya. Lihat di sekitar sini. Tidak ada pejabat negara di sini, demi Tuhan," kata Ali Sagiroglu di kota Kahramanmaras, Turki.

"Selama dua hari kami tidak melihat keadaan di sekitar sini... Anak-anak kedinginan karena kedinginan," tambahnya.

Badai musim dingin menambah kesengsaraan dengan membuat banyak jalan - beberapa di antaranya rusak akibat gempa - hampir tidak dapat dilalui, mengakibatkan kemacetan lalu lintas yang membentang berkilo-kilometer di beberapa daerah.

Dinginnya hujan dan salju merupakan risiko baik bagi orang-orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka - yang berlindung di masjid, sekolah atau bahkan halte bus - dan korban selamat yang terkubur di bawah puing-puing.

"Sekarang berpacu dengan waktu," kata kepala Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus. "Kami telah mengaktifkan jaringan tim medis darurat WHO untuk memberikan perawatan kesehatan penting bagi yang terluka dan paling rentan."

Korban gempa

Korban terbaru menunjukkan 5.894 orang tewas di Türkiye dan setidaknya 1.932 di Suriah, dengan total gabungan 7.826 kematian. Ada kekhawatiran bahwa jumlah korban akan terus meningkat. WHO sendiri memperkirakan 20.000 orang telah meninggal.

WHO memperingatkan bahwa hingga 23 juta orang dapat terkena dampak gempa besar dan mendesak negara-negara untuk segera memberikan bantuan ke zona bencana.

Bulan Sabit Merah Suriah mengimbau negara-negara Barat untuk mencabut sanksi dan memberikan bantuan karena pemerintahan Presiden Bashar al-Assad tetap menjadi paria di Barat, mempersulit upaya bantuan internasional.

Washington dan Komisi Eropa mengatakan pada hari Senin bahwa program kemanusiaan yang didukung oleh mereka menanggapi kehancuran di Suriah.

Badan kebudayaan PBB, UNESCO, juga mengatakan siap memberikan bantuan setelah dua situs yang terdaftar dalam daftar Warisan Dunia di Suriah dan Türkiye mengalami kerusakan.

Selain kerusakan kota tua Aleppo dan benteng di kota Diyarbakir, Turki tenggara, UNESCO mengatakan setidaknya tiga situs Warisan Dunia lainnya dapat terpengaruh.

Sebagian besar wilayah yang dilanda gempa di Suriah utara telah dihancurkan oleh perang bertahun-tahun dan pengeboman udara oleh pasukan Suriah dan Rusia yang menghancurkan rumah, rumah sakit, dan klinik.

Penduduk di kota Jandairis yang dilanda gempa di Suriah utara menggunakan tangan kosong dan beliung untuk mencari korban selamat.

Sumber: CNA/AFP

KEYWORD :

Gempa Bumi Turkiye Suriah Korban Jiwa Bayi Baru Lahir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :