Kamis, 25/04/2024 08:57 WIB

KPK Tahan Politisi Golkar Charles Jones Mesang

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah membenarkan penahanan Charles. Menurut Febri, Charles ditahan untuk 20 hari pertama di Rutan Guntur.

Politisi Golkar, Charles Jones Mesang

Jakarta - Politisi Partai Golkar,  Charles Jones Mesang resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan  sebagai tersangka kasus dugaan suap pembahasan anggaran untuk dana optimalisasi Direktorat Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (Ditjen P2KTrans) pada Kementerian Tenaga Kerja dan Tramigrasi (Kemenakertrans) tahun 2014.

Charles terpantau keluar gedung KPK, Jakarta sekitar pukul 16.20 WIB. Dengan dikawal petugas KPK, Charles yang mengenakan rompi tahanan KPK memilih bungkam saat digelandang menuju mobil tahanan KPK."Ditahan di rutan Guntur," ujar kuasa hukumnya,  Melissa Christianes usai mendampingi kliennya menjalani pemeriksaan, di gedung KPK, Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Pada pemeriksaan kedua ini, kata Melissa, kliennya dicecar 10 pertanyaan terkait sangkaan yang menjerat Charles. "Tadi sekitar 10 pertanyaan seputar pembahasan anggaran untuk dana optimalisasi Ditjen P2KTrans pada Kemenakertrans," tutur Melissa.

Melissa tak menampik selain kliennya, ada sejumlah pihak yang terlibat dan diuntungkan terkait dana optimalisasi. Meski demikian, Melissa belum mau mengungkapnya. Melissa hanya mengisyaratkan Mantan Dirjen P2KTrans Kemenakertrans, Jamaluddien Malik yang lebih banyak mengetahui. "Coba tanya ke sana (Jamaluddien Malik)," tutur Melissa.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah membenarkan penahanan Charles. Menurut Febri, Charles ditahan untuk 20 hari pertama di Rutan Guntur. "CJM (Anggota DPR RI periode 2009 – 2014) ditahan di Rutan Guntur," kata Febri.

Charles Jones Mesang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK lantaran diduga menerima hadiah atau janji terkait pembahasan anggaran untuk dana optimalisasi Direktorat Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (Ditjen P2KTrans) pada Kementerian Tenaga Kerja dan Tramigrasi (Kemenakertrans) tahun 2014.

Charles diduga menerima hadiah sebesar Rp 9,75 miliar atau 6,5 persen dari total anggaran optimalisasi. Charles yang pernah duduk di Komisi IX DPR dan anggota di Badan Anggaran DPR pada periode 2009-2014 diduga menerima uang dari Mantan Dirjen P2KTrans Kemenakertrans, Jamaluddien Malik.

Penetapan Charles merupakan pengembangan kasus yang sebelumnya menyeret Jamaluddien sebagai pesakitan. Jamaluddien sendiri telah divonis enam tahun penjara dan denda Rp 200 juta.

KEYWORD :

Kasus Korupsi KPK Charles Jones Mesang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :