Jum'at, 19/04/2024 13:23 WIB

Gadis Remaja Tewas Diserang Hiu di Sungai Australia

Polisi yakin korban sedang bersama teman-temannya dan melompat dari jet ski untuk berenang bersama kawanan lumba-lumba di sungai saat serangan hiu terjadi.

Seorang peselancar membawa papannya ke dalam air di samping tanda yang menyatakan penampakan hiu di Pantai Manly Sydney, Australia, pada 24 November 2015. (Foto: Reuters/David Gray)

JAKARTA, Jurnas.com -  Seorang gadis berusia 16 tahun meninggal pada Sabtu (4/2) setelah diserang oleh hiu di sungai di ibu kota negara bagian Australia Barat, Perth. Insiden tersebut terjadi saat korban melompat ke air untuk berenang bersama sekelompok lumba-lumba.

Polisi mengatakan mereka dipanggil ke lokasi serangan sekitar pukul 15.45 Sabtu di dekat jembatan lalu lintas di Swan River, di daerah pelabuhan Fremantle di Perth.

"Gadis itu ditarik dari air dengan luka kritis dan dia meninggal di tempat kejadian," kata polisi dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

Polisi yakin korban sedang bersama teman-temannya dan melompat dari jet ski untuk berenang bersama kawanan lumba-lumba di sungai saat serangan hiu terjadi.

Australian Broadcasting Corp meloporkan bahwa pihak berwenang tidak tahu pasti jenis hiu apa yang menyerang gadis itu tersebut. Sementara itu, orang-orang diminta untuk lebih berhati-hati di Sungai Swan di sekitar Fremantle setelah penyerangan tersebut.

Serangan hiu fatal terakhir di perairan Australia Barat terjadi pada November 2021 ketika seorang pria berusia 57 tahun dibunuh oleh hiu putih besar di Port Beach Perth.

Seorang pria terluka parah oleh hiu banteng saat berenang di Sungai Swan pada Januari 2021.

Lebih dari 100 spesies hiu hidup di perairan Australia Barat - negara bagian terbesar di negara itu, dengan hiu banteng sering ditemukan beberapa kilometer di hulu.

Risiko serangan hiu di negara bagian itu rendah, menurut pemerintah negara bagian, yang telah membentuk unit tanggap hiu khusus untuk bekerja dengan responden pertama dalam insiden hiu.

Di pantai timur, beberapa pantai Sydney, termasuk Bondi dan Bronte yang ikonis, ditutup Februari lalu setelah seorang perenang tewas dalam serangan hiu, kematian pertama di pantai kota itu dalam hampir 60 tahun.

Australia menempati peringkat di belakang Amerika Serikat dalam jumlah gigitan hiu yang tidak beralasan pada manusia pada tahun 2021, menurut File Serangan Hiu Internasional Universitas Florida.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Ikan Hiu Remaja Tewas Australia Barat Perth




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :