Sabtu, 20/04/2024 20:12 WIB

Setya Novanto: NU Simbol Kebangkitan Masyarakat

NU seringkali disebut sebagai paham yang berada di tengah, moderat, mampu beradaptasi dan berakulturasi dengan berbagai tradisi.

Ketua DPR RI, Setya Novanto

Jakarta - Ketua DPR RI, Setya Novanto, menyampaikan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi keagamaan Islam terbesar di Indonesia yang identik dengan masyarakat Indonesia. Menurut Novanto, NU lahir dari rahim masyarakat, tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

"NU sekian lama telah menjadi simbol kebangkitan masyarakat itu sendiri dari berbagai keterbelakangan," kata Setya Novanto, yang akrab disapa Setnov itu. Berdasarkan keterangan pers yang diterima Jurnas.com, Setnov mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun untuk NU yang tepat pada hari ini, Selasa tanggal 31 Januari 2017, Nahdlatul Ulama (NU) tengah memperingati hari lahirnya (Harlah) yang ke- 91.

Sejarah telah mencatat peran penting NU sebagai institusi keagamaan yang terlibat dalam kemajuan dan peradaban bangsa dan negara. Peran penting NU bukan hanya dalam ranah sosial, politik dan ekonomi, tapi juga terutama dalam aspek budaya. NU, jelas Setnov, telah berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, membangun ekonomi umat, meneguhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan, dan politik nasional.

"NU telah berperan dalam  pendidikan politik di Indonesia, karena itu, sebagai anak bangsa, kita patut berbangga. NU merupakan organisasi yang berbasis keagamaan yang justru telah turut terlibat bagi kemajuan bangsa dan negara," ucap Ketua DPR tersebut.

Menurut politisi yang akrab dipanggil Setnov ini, NU seringkali disebut sebagai paham yang berada di tengah, moderat, mampu beradaptasi dan berakulturasi dengan berbagai tradisi. NU telah menunjukkan sebentuk pemahaman yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi atas berbagai perbedaan paham yang berbeda-beda.

"NU selalu berdiri di tengah sebagai figur pengayom, penengah dan pemersatu bangsa. NU adalah organisasi penyejuk bagi seluruh umat, bukan hanya umat muslim, tapi seluruh umat beragama di Indonesia," kata Setnov.

Sebab itu, Setnov mengimbau agar kita merenungkan kembali, menapak tilas jejak-jejak sejarah NU agar terinspirasi perjalanannya tetap mewarnai perkembangan dan kemajuan bangsa kita saat ini. pekembangan & kemajuan bangsa kita saat ini. (Khairul Anwar)

KEYWORD :

Setya Novanto Nahdlatul Ulama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :