Rabu, 24/04/2024 14:28 WIB

Elon Musk Menangi Gugatan terkait Iming-iming Akuisisi

Elon Musk Menangi Gugatan terkait Iming-iming Akuisisi

CEO Tesla Inc Elon Musk berjalan di samping layar yang memperlihatkan gambar mobil Tesla Model 3 saat upacara pembukaan program Model Y buatan Tesla China di Shanghai, China 7 Januari 2020. REUTERS/Aly Song/File Foto

New York, Jurnas.com - Pengadilan federal San Fransico, Amerika Serikat (AS) memutuskan Elon Musk dan Tesla tidak harus menanggung kerugian yang diderita investor, atas postingan yang dia unggah di Twitter pada 2018 silam terkait dana akuisisi Tesla secara pribadi.

Saat itu, Elon Musk mengklaim bahwa dia memiliki dana aman untuk membeli Tesla dengan harga US$420 per saham. Postingan tersebut seketika membuat harga saham Tesla melonjak tajam.

Sayangnya, ketika kesepakatan ini tidak tercapai, harga Tesla langsung anjlok, sedang investor sudah berama-ramai membeli saham perusahaan mobil listrik tersebut.

"Dukungan investor dikonfirmasi. Satu-satunya alasan mengapa hal ini tidak pasti adalah karena bergantung pada suara pemegang saham," tulis Musk pada 2018.

Dengan alasan inilah, investor menggugat Musk, Tesla, dan dewan direksinya dengan tuduhan pelanggaran undang-undang sekuritas, karena menyesatkan mereka dengan menyebut kesepakatan sudah dekat.

Namun, gugatan ini berakhir gagal karena pengadilan memutuskan bahwa Musk dan Tesla tidak bersalah. Musk juga berkelit bahwa cuitan itu sifatnya hanya rencana, bukan pasti akan terjadi.

"Syukurlah, kebijaksanaan rakyat telah menang! Saya sangat menghargai keputusan juri dengan suara bulat bahwa tidak bersalah dalam kasus akuisisi pribadi Tesla 420," ujar Musk dikutip dari Hollywood Reporter pada Sabtu (4/2).

Pembelaan Musk berkisar pada argumen bahwa dia benar-benar berencana mengambil alih Tesla secara pribadi dalam kesepakatan US$70 miliar dengan dana kekayaan negara Arab Saudi. Dia juga mengklaim bahwa dia memiliki dana untuk melakukannya sendiri.

"Saya benar-benar memiliki dua aset besar, yaitu Tesla dan SpaceX. Saya percaya dengan saham SpaceX saja, saya merasa pendanaan sudah aman. Sangat penting bagi juri untuk mengetahui bahwa saham SpaceX saya sendiri akan berarti bahwa pendanaan telah diamankan," lanjut dia.

KEYWORD :

Elon Musk Tesla Akuisisi Saham




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :