Jum'at, 19/04/2024 16:49 WIB

Serangan Rusia ke Kherson dan Kharkiv Tewaskan Empat Orang

Sementara tiga orang tewas di kota Kherson di selatan di tengah serangan Rusia yang baru.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy (Foto: AP/Markus Schreiber)

JAKARTA, Jurnas.com  - Serangan udara di kota Kharkiv di timur laut Ukraina telah menewaskan sedikitnya satu orang, sementara tiga orang tewas di kota Kherson di selatan di tengah serangan Rusia yang baru.

“Hari ini, tentara Rusia telah menembaki Kherson dengan kejam sepanjang hari," kata Zelenskyy dalam pidato videonya pada Minggu malam. "Dua wanita, perawat, terluka di rumah sakit. Sampai sekarang, ada laporan enam luka dan tiga tewas."

Front di Ukraina selatan jauh lebih tenang sejak Moskow menarik diri dari kota Kherson pada November tahun lalu.

Wilayah itu adalah salah satu dari empat wilayah di selatan dan timur yang diklaim telah dianeksasi Rusia tahun lalu meskipun tidak sepenuhnya menguasai wilayah tersebut, dan ibu kota wilayah itu masih sering menjadi sasaran penembakan.

Sebuah rudal juga menghantam blok flat di Kharkiv, menewaskan seorang wanita, melukai setidaknya tiga orang lainnya dan menyebabkan kerusakan yang meluas, kata gubernur daerah Oleh Syniehubov.

Gambar dari tempat kejadian menunjukkan api melalap bagian dari bangunan tempat tinggal di kota terbesar kedua di negara itu.

Syniehubov mengatakan pada hari Minggu serangan itu terjadi di distrik pusat kota Kyiv.

"Tiga orang luka ringan. Sayangnya, seorang wanita tua terbunuh," tulis Syniehubov di Telegram. "Suaminya berada di dekatnya saat serangan terjadi dan secara ajaib tidak menderita luka serius."

Syniehubov mengatakan kepada outlet media Suspilne bahwa tim penyelamat sedang mencari wanita tua lain yang hilang yang mereka khawatirkan terjebak di bawah reruntuhan.

"Lantai empat telah hancur. Ini adalah bangunan tua," katanya seperti dikutip. "Kami memahami bahwa lantai dua dan tiga rusak berat. Seluruh bagian bangunan tidak lagi layak huni."

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia Ukrania Kherson Kharkiv




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :