Selasa, 16/04/2024 16:34 WIB

Ukraina Butuh Senjata Baru yang Dikirim Lebih Cepat

 Ukraina membutuhkan rudal ATACMS buatan Amerika Serikat (AS) dengan jangkauan sekitar 300 km, yang sejauh ini ditolak oleh Washington.

Ukraine’s President Volodymyr Zelenskyy captures a video to congratulate the Ukrainian Armed Forces amid Russia’s attack on Ukraine, near the town of Sloviansk, Donetsk region, Ukraine Dec 6, 2022. (Photo: Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan, Ukraina membutuhkan senjata baru dan pengiriman yang lebih cepat untuk menghadapi situasi serangan terus-menerus yang "sangat sulit" oleh pasukan Rusia di wilayah timur Donetsk.

"Situasinya sangat sulit. Bakhmut, Vuhledar, dan sektor lain di wilayah Donetsk - ada serangan Rusia terus-menerus. Ada upaya terus-menerus untuk menerobos pertahanan kami," kata Zelenskyy dalam pidato video malamnya.

"Rusia ingin perang berlarut-larut dan menghabiskan pasukan kita. Jadi kita harus menyediakan waktu untuk senjata kita. Kita harus mempercepat peristiwa, mempercepat pasokan, dan membuka opsi senjata baru untuk Ukraina," sambung dia.

 

Zelenskyy mengeluarkan seruan terbarunya untuk meningkatkan pengiriman senjata beberapa hari setelah Jerman dan Amerika Serikat memimpin daftar negara yang setuju untuk memasok tank modern.

Zelenskyy pada Sabtu mengatakan Ukraina membutuhkan rudal ATACMS buatan Amerika Serikat (AS) dengan jangkauan sekitar 300 km, yang sejauh ini ditolak oleh Washington.

Seorang penasihat presiden mengatakan pembicaraan sedang dilakukan untuk memasok rudal jarak jauh dan juru bicara angkatan udara Ukraina berbicara tentang negosiasi untuk menyediakan pesawat.

Dalam sambutan terakhirnya, komando Zelenskyy di Ukraina berkomitmen untuk memastikan bahwa "tekanan kami lebih besar daripada kemampuan penjajah untuk menyerang" dan itu berarti "mempertahankan dukungan pertahanan dari mitra kami".

"Musuh tidak memperhitungkan personelnya dan meskipun mengalami kerugian besar, mereka tetap mempertahankan intensitas serangannya," katanya.

"Menghadapi ini membutuhkan ketangguhan yang luar biasa dan kesadaran penuh dari tentara kami bahwa dalam mempertahankan wilayah Donetsk mereka membela seluruh Ukraina."

Jerman tidak Kirim Jet

Kanselir Jerman Olaf Scholz menegaskan kembali pada Minggu bahwa Jerman tidak akan mengirim jet tempur ke Ukraina.

Scholz pada Rabu setuju mengirim 14 tank Leopard 2 ke Ukraina dan mengizinkan negara-negara Eropa lainnya untuk mengirim tank mereka, setelah perdebatan sengit selama berminggu-minggu dan tekanan yang meningkat dari sekutu.

"Saya hanya dapat menyarankan untuk tidak terus-menerus melakukan perang penawaran dalam hal sistem senjata," kata Scholz dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Tagesspiegel.

"Jika, segera setelah keputusan (tentang tank) dibuat, debat berikutnya dimulai di Jerman, itu tidak dianggap serius dan merusak kepercayaan warga terhadap keputusan pemerintah."

Keputusan Scholz itu disertai dengan pengumuman AS bahwa mereka akan mengirim 31 tank Abrams.

Zelenskyy berterima kasih kepada Berlin dan Washington atas langkah tersebut, yang dipandang sebagai terobosan dalam upaya mendukung negara yang dilanda perang itu.

Scholz dalam wawancara tersebut memperingatkan agar tidak meningkatkan risiko eskalasi. "Tidak ada perang antara NATO dan Rusia. Kami tidak akan membiarkan eskalasi seperti itu," katanya.

Kanselir menambahkan bahwa "perlu" untuk terus berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Panggilan telepon terakhir antara para pemimpin terjadi pada awal Desember.

"Saya akan berbicara dengan Putin melalui telepon lagi," kata Scholz. "Tapi tentu saja juga jelas bahwa selama Rusia terus mengobarkan perang dengan agresi yang tidak mereda, situasi saat ini tidak akan berubah."

Sumber: CNA

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Jerman Amerika Serikat Volodymyr Zelenskyy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :