Selasa, 16/04/2024 18:06 WIB

Ganjar Ingatkan Ribuan PMI: Jangan Pernah Lupakan Indonesia

Ganjar berharap, para calon PMI yang nantinya lolos verifikasi, bisa kembali ke Indonesia, dengan ilmu dan pengalaman kerja yang bisa dibagikan.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 2.500 orang mengikuti Verifikasi Dokumen Pendaftaran Ujian EPS-Topik Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia, Program G To G Korea Selatan, di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara khusus menyapa mereka dan memberikan motivasi. Ganjar berharap, para calon PMI yang nantinya lolos verifikasi, bisa kembali ke Indonesia, dengan ilmu dan pengalaman kerja yang bisa dibagikan.

“Saya berharap transfer ilmunya ada, budaya dan disiplin kerjanya dipelajari, dihormati. Prinsipnya di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, dan semoga tidak selamanya di sana,” ucap Ganjar.

Ribuan calon PMI itu tidak hanya dari Jawa Tengah. Ganjar menemukan calon PMI lulusan SMK asal Jawa Timur dan sempat berinteraksi. Mereka adalah Saifulloh Ridho Ansori dari Ngawi dan Nara Nilam Cahya asal Malang.

“Mereka sudah betul-betul siap. Nah mudah-mudahan proses seleksinya baik dan pendampingannya dilakukan,” ujarnya.

Ganjar berharap nantinya calon PMI yang bekerja di Korea Selatan, bisa mendapatkan banyak pengalaman. Selain itu, ilmu yang didapatkan selama bekerja, juga bisa dibagi dan diterapkan saat pulang ke Indonesia.

“Kelak kemudian hari mereka akan pulang, sehingga dia bisa join dengan pekerjaan yang lebih besar di tempat kita, atau mereka menjadi enterpreneur,” katanya.

Ganjar mengapresiasi BP2MI yang telah memulai program ini di Jawa Tengah, dan menggandeng perguruan tinggi. Sehingga pelatihan diberikan sesuai dengan kebutuhan.

“Ya setidaknya seperti bahasa ya, mereka (calon PMI) juga mesti menyiapkan, dan teknologi terakhir di tempat kerjanya mesti dijajaki dari awal. Sehingga mereka betul-betul menyiapkan diri dengan baik,” tuturnya di hadapan Kepala BP2MI Benny Rhamdani.

Kerja sama antarnegara ini, kata Ganjar, selain memberikan kesempatan bagi pencari kerja, juga bisa jadi modal untuk mereka nantinya kembali, dan taraf hidupnya lebih baik.

“Ini bagus ini menggembirakan. Beberapa orang yang sudah bekerja, pengalamannya lebih baik hidupnya,” tandasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Tengah, Sakina Rosellasari menuturkan, program G to G ke Korea Selatan tahun 2023 ini dilaksanakan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia di Unnes.

“Karena mendasari antusias yang tinggi peserta dari Jateng. Verifikasi dokumen mulai tanggal 20 sampai dengan 27 Januari 2023, dengan jumlah pendaftar 35.589 orang dan dari Jateng 17.653 orang. Hari ini veriifkasi untuk 2.500-an peserta,” jelas Sakina.

Pada program ini, sektor kerja yang dibuka adalah sektor Manufacturing dan Perikanan. Sakina menuturkan, kebanyakan peserta dari lulusan SMK dan mereka sudah menyiapkan kemampuan bahasa Korea Selatan.

“Proses seleksinya daftar online, lalu verifikasi dokumen. Kemudian nanti ada ujian bahasa, selanjutnya melamar ke perusahaan. Dilanjutkan tes kesehatan dan proses oleh perusahaan Korsel, dan penyiapan dokumen profil diri proses tersebut dilakukan oleh BP2MI. Untuk kuota tahun 2023 berjumlah 12 ribu pekerja, rinciannya 10 ribu (orang pekerja) manufakturing dan 2 ribu (orang pekerja) sektor perikanan,” tandasnya.

KEYWORD :

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Ganjar Ingatkan PMI Jangan Lupakan Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :