Kamis, 25/04/2024 23:29 WIB

Polandia Siap Kirim 60 Tank Tambahan ke Ukraina

Pada April tahun lalu, dua bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina, Polandia mengatakan telah mengirim tank untuk membantu Kyiv menangkis serangan itu.

Anggota militer berjalan di atas tank, saat Jerman mengirimkan tank Leopard pertamanya ke Slovakia sebagai bagian dari kesepakatan setelah Slovakia menyumbangkan kendaraan tempur ke Ukraina, di Bratislava, Slovakia, pada 19 Desember 2022. (Foto: REUTERS/Radovan Stoklasa)

JAKARTA, Jurnas.com - Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki mengatakan, negaranya akan mengirim 60 tank tambahan ke Ukraina di selain 14 tank Leopard 2 buatan Jerman yang telah dijanjikannya.

Warsawa, yang telah memposisikan dirinya sebagai salah satu sekutu setia Kyiv, telah mendesak Jerman untuk mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina dan mengizinkan negara lain untuk melakukannya juga, permintaan yang disetujui Berlin pada hari Rabu.

"Polandia mengirimkan 250 tank sebagai negara pertama setengah tahun lalu atau bahkan lebih dari itu," kata Morawiecki kepada CTV News.

Pada April tahun lalu, dua bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina, Polandia mengatakan telah mengirim tank untuk membantu Kyiv menangkis serangan itu.

"Saat ini, kami siap mengirim 60 tank modern kami, 30 di antaranya PT-91. Dan di atas tank-tank itu, 14 tank, tank Leopard 2, dari yang kami miliki," kata dia

PT-91 adalah tank tempur buatan Polandia yang mulai beroperasi pada 1990-an. Itu dikembangkan dari kisaran T-72 era Soviet.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berterima kasih kepada Polandia di Twitter atas keputusan untuk memasok tank tambahan. "Bersama kita akan menang!", tulisnya.

Kanada pada Kamis mengumumkan akan mengirim empat tank tempur Leopard 2 ke Ukraina. Norwegia juga mengatakan akan mengirim Macan Tutul sementara Spanyol mengatakan terbuka untuk menyediakannya.

Ukraina mengatakan membutuhkan ratusan tank Leopard untuk mengusir Rusia dari wilayahnya.

Pada Jumat, Wakil Menteri Pertahanan Polandia, Marcin Ociepa mengatakan kepada penyiar swasta RMF FM bahwa sekitar tiga bulan sebelum tank Leopard mencapai Ukraina.

"Tergantung negara mana yang kita bicarakan, tapi saya perkirakan bahwa kita berbicara sekitar seperempat sampai tank-tank itu benar-benar berada di wilayah Ukraina dan berperang," kata dia.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Polandia Mateusz Morawiecki Tank Leopard 2




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :