Jum'at, 19/04/2024 10:39 WIB

Perjanjian Dagang dengan Arab Saudi Berkali-Kali Gagal

Mendag Zulhas Sebut Perjanjian Dagang dengan Arab Saudi Berkali-Kali Gagal

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Mendag Zulhas. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia sedang mempersiapkan pelaku usaha ekspor untuk dapat memenuhi permintaan pasar Arab Saudi dengan memperhatikan standar, kualitas, kuantitas, permodalan, keberlanjutan, dan keterampilan.

Hal itu, disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Mendag Zulhas saat bertemu dengan Menteri Perdagangan Arab Saudi, Syech Ibrahim Assubaie dalam misi dagang Indonesia, beberapa waktu yang lalu, di Arab Saudi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Syech Ibrahim Assubaie atas keramahannya. Saya berharap para pengusaha Indonesia dan pengusaha Arab Saudi dapat terus bekerja sama meningkatkan hubungan bisnis dan perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi. Kuncinya adalah komunikasi, komunikasi, dan komunikasi yang lebih intens,” kata Mendag Zulhas dalam keterangannya, Senin (23/1/2023).

Asal tahu saja, sebelumnya Zulhas mengungkapkan, melakukan perjanjian dagang dengan Arab Saudi itu sulit. Sudah dilakukan berkali-kali namun gagal. Padahal wisatawan yang datang ke negara tersebut berasal dari Indonesia.

Namun nyatanya produk-produk yang dijual di negara tersebut didominasi produk dari Thailand dan Vietnam. Oleh karena itu, ia terus berupaya mendekatkan diri dengan berkomunikasi bersama Kementerian Perdagangan Arab Saudi agar hubungan dagang ini bisa ditingkatkan.

Mendag Zulhas menyampaikan, Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara yang tetap melanjutkan tren pemulihan ekonomi pada 2022. Bahkan beberapa negara mitra dagang utama Indonesia seperti China, Amerika Serikat, dan Uni Eropa justru mengalami pelemahan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2022.

“Sejak akhir 2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia berhasil terjaga di atas 5 persen. Pada kuartal III-2022 ekonomi tumbuh 5,72 persen,” jelas dia.

Selama pemulihan, lanjut Mendag Zulkifli Hasan, ekspor menjadi salah satu komponen utama pendorong pertumbuhan ekonomi. Kontribusi ekspor barang dan jasa bahkan terus meningkat sejak kuartal II-2021 hingga kuartal III-2022, dari 20,46 persen menjadi 26,23 persen dari total produk domestik bruto (PDB).

“Sebagai Menteri Perdagangan, saya diberi tugas oleh Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor nonmigas khususnya ke negara mitra dagang strategis seperti Arab Saudi,” ungkapnya.

Menurut Mendag Zulhas, Arab Saudi merupakan salah satu mitra strategis untuk Indonesia. Khusus untuk produk makanan olahan, Arab Saudi menempati posisi ke-8 sebagai negara tujuan ekspor produk makanan olahan Indonesia antara lain tuna kaleng, mi instan, saus sambal, kecap, serta biskuit dan wafer.

“Saya melihat bahwa perdagangan dari kedua negara dapat ditingkatkan lebih baik lagi. Berbagai produk yang diperlukan oleh Arab Saudi, seperti alas kaki, pakaian, farmasi, jasa konstruksi, makanan olahan, kertas, plywood, dan produk konsumsi harian lainnya masih dapat ditingkatkan perdagangannya,” pungkas dia.

 

KEYWORD :

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan perjanjian dagang Indonesia Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :