Jum'at, 26/04/2024 05:42 WIB

Kanada Bayar Kompensasi ke Pribumi Rp 31,6 Triliun

Kompensasi tersebut merupakan hasil dari gugatan class action oleh 325 kelompok Pribumi.

Eric Large, mantan kepala Saddle Lake First Nation dan pernah menjadi siswa di Blue Quills Indian Residential School, menunjuk ke tempat ditemukannya kuburan tak bertanda di Saddle Lake Cemetery di Saddle Lake Cree Nation di Alberta, Kanada. (Foto: AFP/Cole Burston)

JAKARTA, Jurnas.com - Kanada akan membayar ratusan komunitas Pribumi lebih dari US$2,1 miliar atau Rp 31,6 triliun sebagai kompensasi atas hampir satu abad pelecehan yang diderita oleh anak-anak di sekolah asrama.

Kompensasi tersebut merupakan hasil dari gugatan class action oleh 325 kelompok Pribumi. Uang tersebut akan ditempatkan dalam perwalian nirlaba yang independen dari pemerintah.

Uang ini akan digunakan untuk merevitalisasi pendidikan, budaya, dan bahasa Pribumi, untuk mendukung para penyintas dalam penyembuhan dan berhubungan kembali dengan warisan mereka.

"Kanada membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengakui sejarahnya, mengakui genosida yang dilakukannya dan mengakui kerugian kolektif yang ditimbulkan oleh sekolah asrama kepada bangsa kita," kata Garry Feschuk, pemimpin Pribumi yang merupakan salah satu penggugat.

"Sudah saatnya Kanada tidak hanya mengakui bahaya ini, tetapi membantu membatalkannya dengan berjalan bersama kami. Penyelesaian ini adalah langkah awal yang baik," katanya dalam pernyataan yang dirilis Sabtu.

Dari akhir 1800-an hingga 1990-an, pemerintah Kanada mengirim sekitar 150.000 anak ke 139 sekolah perumahan yang sebagian besar dijalankan oleh gereja Katolik, di mana mereka dipisahkan dari keluarga, bahasa, dan budaya mereka.

Banyak yang dilecehkan secara fisik dan seksual, dan ribuan diyakini telah meninggal karena penyakit, malnutrisi atau penelantaran.

Penemuan ratusan kuburan tak bertanda di lokasi bekas sekolah selama dua tahun terakhir telah menyeret warisan lembaga-lembaga tersebut kembali menjadi sorotan saat Kanada memperhitungkan masa lalu kolonialnya yang kelam.

Lebih dari 1.300 kuburan telah diidentifikasi, yang terbaru awal bulan ini.

Di Lebret, Saskatchewan, radar penembus tanah telah mengungkap hampir "2.000 area perhatian" yang perlu diselidiki secara menyeluruh, kata komunitas Star Blanket Cree.

Sebuah fragmen tulang rahang seorang anak yang berasal dari sekitar 125 tahun yang lalu telah diidentifikasi di bekas sekolah perumahan di komunitas Kanada barat.

Area pencarian dipilih di dekat sekolah perumahan yang dikelola Katolik - yang dibuka hingga tahun 1998 - atas saran mantan siswa.

"Sistem sekolah perumahan menghancurkan bahasa kami, sangat merusak budaya kami, dan meninggalkan warisan bahaya sosial. Efeknya melampaui generasi saya. Butuh banyak generasi bagi kami untuk pulih," kata Shane Gottfriedson, pemimpin dan penggugat Pribumi lainnya.

"Kami percaya bahwa semua penyintas berhak mendapatkan keadilan dan kompensasi yang harus mereka terima," kata Marc Miller, menteri federal Hubungan Mahkota-Pribumi dalam siaran pers.

Persyaratan yang tepat untuk mencairkan US$2,8 miliar akan ditentukan oleh pengadilan federal pada 27 Februari.

Sebuah komisi penyelidikan nasional pada tahun 2015 menyebut sistem sekolah asrama sebagai "genosida budaya".

Tahun lalu, Paus Fransiskus mengunjungi Kanada dalam perjalanan pertobatan untuk meminta maaf atas kejahatan yang dilakukan di sekolah, sekolah, sebuah isyarat yang dilihat oleh banyak orang yang selamat sebagai hal yang luar biasa, tetapi hanya awal dari proses penyembuhan dan rekonsiliasi.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Kelompok Pribumi Kanada Korban Kekerasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :