Jum'at, 19/04/2024 13:57 WIB

Profil Ben Doak, Wonderkid 17 Tahun Masa Depan Liverpool

Usianya masih 17 tahun, tapi pemain Skotlandia itu berhasil menarik perhatian pelatih The Reds, Jurgen Klopp, berkat penampilan apiknya bersama Celtic dan timnas U-21.

Wonderkid Liverpool, Ben Doak (Foto: Goal)

London, Jurnas.com - Pertandingan Liverpool melawan Wolverhampton Wanderers di putaran ketiga Piala FA, yang berlangsung pada Rabu (18/1) dini hari esok, akan menjadi kesempatan bagi pemain muda bertalenta Ben Doak, untuk melakoni debut penuh.

Usianya masih 17 tahun, tapi pemain Skotlandia itu berhasil menarik perhatian pelatih The Reds, Jurgen Klopp, berkat penampilan apiknya bersama Celtic dan timnas U-21.

Lalu, siapa Ben Doak?

Dikutip dari Goal pada Selasa (17/1), Doak lahir di Ayrshire, 25 mil barat daya Kota Glasgow pada 2005 silam. Dia adalah cucu Martin, pesepak bola profesional Morton.

Doak muda sempat bergabung dengan klub lokal, Dalry Thistle dan Kilbirnie, sebelum berseragam Ayr United pada usia delapan tahun. Tak lama di Ayr, Celtic menemukannya dan merekrutnya saat itu.

Di Glasgow, Doak berkembang cukup pesat. Dia mengikuti jejak Kieran Tierney yang kini memperkuat Arsenal, dengan lulus dari sekolah sepak bola St Ninian, yang dirancang untuk memungkinkan peserta didik berlatih sambil menempuh pendidikan akademik.

Saat berusia 15 tahun, Doak menarik perhatian setelah menjadi man of the march dalam laga debutnya untuk timnas Skotlandia U-17 melawan Wales di Stadion Forthbank Stirling Albion pada September 2021. Tiga bulan kemudian, dia masuk bench cadangan tim utama Celtic.

Debut profesionalnya terjadi pada Januari 2022. Doak menggantikan Reo Hatate dalam pertandingan liga melawan Dundee United. Skornya imbang tanpa gol saat Doak dimasukkan. Tapi berkatnya, Liel Abada mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir.

Musim panas tahun lalu, karir Doak perlahan merangkak naik. Dia dibeli oleh Liverpool dengan kesepakatan 600.000 pounds. Dia tiba di Anfield dengan serangkaian masalah punggung, selangkangan, dan pergelangan kaki.

Tapi kondisi itu tidak lama. Debutnya untuk Liverpool U-18 hadir dalam kemenangan Liverpool atas Cardiff di laga persahabatan pada Juli tahun lalu. Seminggu kemudian, dia mencetak gol pertamanya saat melumat Leicester 6-1 di Kirkby.

Sejauh ini, Doak baru dua kali bermain di tim utama Liverpool. Yakni, ketika melawan Aston Villa pada 26 Desember 2022 selama dua menit, dan melawan Brighton pada 14 Januari 2023 selama 22 menit. Oleh karena itu, masih dinanti kapan sang pemain akan menjalani debut penuhnya di Anfield.

KEYWORD :

Ben Doak Liverpool Pemain Muda Wonderkid Liga Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :