Selasa, 23/04/2024 13:28 WIB

La Nyalla dan Erick Thohir Berebut Ketua Umum PSSI

da lima sosok yang bersaing yakni AA La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis

Ilustrasi logo PSSI. (Logo bagus)

Jakarta, Jurnas.com - Komite Pemilihan (KP) PSSI umumkan total 100 nama yang bakal menduduki kursi-kursi di Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.

Dalam pernyataannya di GBK Arena, Jakarta, Senin (16/1/2023) malam, Ketua KP Amir Burhannudin menyebut bahwa, dari total jumlah tersebut, lima orang merupakan bakal calon ketua umum, 17 bakal calon wakil ketua umum dan 78 lainnya merupakan bakal calon anggota Exco.

Mereka adalah para pendaftar yang mengajukan diri atau diajukan oleh minimal satu anggota PSSI untuk menjadi pengurus baru. Proses pendaftaran dibuka PSSI sampai Senin (16/1) pukul 18.00 WIB.

KP membebaskan setiap pendaftar untuk memasukkan namanya ke salah satu posisi maupun langsung ke ketiganya. Tidak heran ada satu nama yang "menyangkut" di bakal calon ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco sekaligus.

Di posisi bakal calon ketua umum, ada lima sosok yang bersaing yakni AA La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis.

Dari lima nama tersebut, hanya Erick Thohir dan Doni Setiabudi yang belum pernah masuk dalam daftar calon tetap ketua umum PSSI.

Doni Setiabudi, CEO Bandung Premier League dan eks manajer klub AHHA PS Pati, sempat mendaftar untuk kepengurusan PSSI 2019-2023, tetapi gagal karena Komite Banding Pemilihan (KBP) saat itu menilai dirinya belum memenuhi syarat sudah lima tahun berkecimpung di kegiatan sepak bola di bawah naungan PSSI.

Sementara Erick Thohir, yang juga Menteri BUMN, sudah kenyang pengalaman di sepak bola baik nasional maupun internasional. Namun, dia berstatus debutan di pemilihan ketua umum PSSI.

Berbeda dengan Doni dan Erick, La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono dan Fary Djemy Francis merupakan figur berpengalaman di persaingan calon ketua umum PSSI.

LaNyalla adalah Ketua Umum PSSI pada tahun 2015, lalu Arif Putra Wicaksono (CEO perusahaan pemasaran-penyelenggara acara olahraga Nine Sport Inc) dan Fary Djemy Francis (politikus dan Komisaris Utama PT Asabri) masuk dalam calon tetap Ketua Umum PSSI 2019-2023.

Dari bakal calon wakil ketua umum PSSI 2023-2027, muncul seorang kejutan yakni Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Ini menjadi momen perdana Zainudin bersaing untuk mengisi satu tempat di kepengurusan PSSI.

Dengan masuknya Menpora, maka ada dua menteri Kabinet Indonesia Maju di perebutan posisi ketua umum dan wakil ketua umum baru PSSI.

 

KEYWORD :

PSSI Erick Thohir La Nyalla Mattalitti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :