Kamis, 25/04/2024 20:12 WIB

Prancis, Negara Barat Pertama yang Pasok Kendaraan Tempur Ringan ke Ukraina

Prancis, Negara Barat Pertama yang Pasok Kendaraan Tempur Ringan ke Ukraina.

Tentara Prancis mengendarai kendaraan lapis baja AMX-10 RC saat mereka ikut serta dalam demonstrasi di pameran perdagangan pertahanan dan keamanan darat dan udara internasional Eurosatory, di Villepinte, pinggiran utara Paris, pada 12 Juni 2022. (Foto: AFP/Emmanuel Dunand)

JAKARTA, Jurnas.com - Prancis akan menjadi negara Barat pertama yang mengirim tank ke Ukraina, kepresidenan Prancis mengumumkan pada Rabu (4/1) setelah pembicaraan antara Emmanuel Macron dan timpalannya dari Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Langkah untuk memasok AMX-10 RC buatan Prancis ke Ukraina, model tank ringan yang beroperasi sejak 1980-an yang sedang dihapus di militer Prancis, merupakan perubahan signifikan dalam dukungan militer Prancis untuk Ukraina.

Paris telah mengirimkan artileri canggih, pengangkut personel lapis baja, rudal anti-pesawat, dan sistem pertahanan udara ke Ukraina, tetapi Macron telah lama waspada untuk memusuhi Rusia dan memutuskan kontak diplomatik dengan Vladimir Putin.

"Presiden ingin meningkatkan bantuan ke Ukraina dengan menerima untuk mengirimkan tank ringan AMX-10 RC," kata seorang ajudan pemimpin Prancis mengatakan kepada wartawan tanpa menyebut nama setelah panggilan antara Macron dan Zelenskyy.

"Ini adalah pertama kalinya tank-tank rancangan Barat dipasok ke angkatan bersenjata Ukraina," kata dia.

Sekutu NATO secara bertahap meningkatkan dukungan militer mereka ke Ukraina sejak Februari tahun lalu, memberikan sistem persenjataan yang semakin canggih sementara juga secara terbuka mengkhawatirkan risiko meningkatnya konflik dengan Moskow.

Pemindahan jet tempur, rudal jarak jauh, dan tank telah lama dipandang berpotensi provokatif, mempertaruhkan konfrontasi langsung antara Rusia dan Barat.

Kinerja Tinggi

Belum jelas berapa banyak tank Prancis yang akan dikirim atau kapan akan dikirimkan, meskipun pelatihan dan pemeliharaan telah disepakati sebagai bagian dari kesepakatan.

Kementerian Pertahanan Prancis mengatakan menteri pertahanan negara itu akan segera mengadakan pembicaraan. Tank RC AMX-10 ringan dan beroda enam, bukan di trek.

Mereka dirancang untuk misi pengintaian dan telah dikerahkan dalam operasi militer luar negeri terbaru Prancis di wilayah Sahel Afrika Barat dan di Afghanistan. "Mereka sangat mobile, mungkin tua tapi berperforma tinggi," kata seorang pejabat Prancis.

Zelenskyy di Twitter mengatakan dia berterima kasih kepada Macron atas keputusan untuk mentransfer tank ringan ke Ukraina, serta pengangkut personel lapis baja Bastion. "Terima kasih teman! Kepemimpinan Anda membawa kemenangan kami lebih dekat," tambah pemimpin Ukraina itu.

Ketegangan Masa Lalu

Macron telah berulang kali membuat gusar sekutu Ukrainanya di masa lalu serta negara-negara Eropa timur yang hawkish atas komentar yang dianggap berfokus pada solusi diplomatik untuk konflik daripada upaya Ukraina untuk mengusir pasukan pendudukan Rusia.

Pada bulan Juni, dia berkata "kita tidak boleh mempermalukan Rusia". Pada bulan Desember, dia meminta Rusia untuk ditawari "jaminan keamanan" di akhir konflik.

Macron telah mengeraskan retorikanya terhadap Kremlin dalam beberapa pekan terakhir, bagaimanapun, menuduh Putin melakukan kejahatan perang melalui serangan "pengecut" dan "sinis" terhadap infrastruktur Ukraina.

Dalam pesan Malam Tahun Baru, pemimpin Prancis berbicara kepada orang Ukraina, dengan mengatakan: "Kami akan membantu Anda sampai menang dan kami akan membangun perdamaian yang adil dan tahan lama. Andalkan Prancis dan andalkan Eropa."

Ajudan presiden mengatakan bahwa sistem pertahanan udara Crotale buatan Prancis sudah beraksi di Ukraina, membantu menjaga dari drone dan rudal. "Sistem ini telah tiba dan digunakan oleh Ukraina dan diterima dengan baik," kata ajudan tersebut.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Prancis Emmanuel Macron Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelenskyy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :