Kamis, 25/04/2024 01:46 WIB

Menteri Sayap Kanan Israel Masuki Kompleks Al Aqsa

Menteri Sayap Kanan Israel Masuki Kompleks Al Aqsa.

Kubah Mesjid Al Aqsa (Foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Keamanan Nasional Sayap Kanan Israel, Itamar Ben-Gvir memasuki kompleks yang menampung Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki.

Hal itu mengancam reaksi dari warga Palestina yang menyebut tindakan menteri sayap kanan Israel itu sebagai provokasi yang belum pernah terjadi sebelumnya".

Ben-Gvir terlihat di lokasi pada Selasa di bawah pengamanan ketat.

"Pemerintah kami tidak akan menyerah pada ancaman Hamas," kata Ben-Gvir dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan juru bicaranya, setelah kelompok Palestina yang memerintah Jalur Gaza yang terkepung memperingatkan bahwa langkah seperti itu akan melewati garis merah.

Ben-Gvir telah lama menyerukan akses Yahudi yang lebih besar ke situs suci, yang dipandang warga Palestina sebagai provokatif dan sebagai pendahulu potensial bagi Israel untuk mengambil kendali penuh atas kompleks tersebut. Para rabi terkemuka melarang orang Yahudi berdoa di tempat itu.

Ben-Gvir menulis di Twitter setelah kunjungannya bahwa situs tersebut "terbuka untuk semua orang dan jika Hamas berpikir bahwa jika itu mengancam saya, itu akan menghalangi saya, mereka harus memahami bahwa waktu telah berubah".

Ofir Gendelman, yang telah lama menjabat sebagai juru bicara berbahasa Arab Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, merilis sebuah video yang mengatakan bahwa "situasi benar-benar tenang" di tempat suci setelah kepergian Ben-Gvir.

Kunjungan tersebut tampaknya telah diperhitungkan untuk menghindari konfrontasi langsung dengan warga Palestina, karena datang pagi-pagi sekali, dan sehari setelah Ben-Gvir tampaknya mundur dari rencananya, sehingga menghindari pertemuan warga Palestina di lokasi tersebut.

Namun, kementerian luar negeri Palestina mengatakan "mengutuk keras penyerbuan masjid Al-Aqsa oleh menteri ekstremis Ben-Gvir dan memandangnya sebagai provokasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan eskalasi konflik yang berbahaya".

Yordania dan Uni Emirat Arab, yang keduanya memiliki perjanjian damai dengan Israel, mengutuk apa yang mereka sebut "penyerbuan" Al-Aqsa oleh Ben-Gvir. Arab Saudi juga mengutuk menteri Israel.

Pemimpin oposisi Israel dan mantan perdana menteri Yair Lapid telah memperingatkan pada hari Senin bahwa rencana masuk Ben-Gvir ke kompleks tersebut akan menyebabkan kekerasan, dan menyebutnya sebagai "provokasi yang disengaja yang akan membahayakan nyawa".

Ben-Gvir dilantik minggu lalu sebagai bagian dari pemerintahan sayap kanan baru yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu.

Di kompleks tersebut, situs tersuci Islam ketiga setelah Mekkah dan Madinah, hanya umat Islam yang diperbolehkan beribadah di bawah status quo. Sayap kanan Israel telah berusaha untuk mengubah ini dan mengizinkan doa Yahudi di situs tersebut, meskipun ada tentangan dari banyak orang Yahudi ultra-Ortodoks dan larangan dari para rabi terkemuka.

Warga Palestina khawatir hal ini dapat menyebabkan perubahan status quo situs tersebut, karena sayap kanan Israel telah menyerukan agar sebuah kuil Yahudi dibangun di sana sebagai pengganti Masjid Al-Aqsa.

Media Israel telah melaporkan bahwa Netanyahu telah bernegosiasi dengan Ben-Gvir setelah diketahui bahwa dia berencana untuk memasuki situs tersebut, dalam upaya untuk membuatnya membatalkan rencananya.

Masuknya mantan perdana menteri Israel Ariel Sharon ke situs tersebut pada tahun 2000 memicu Intifada Palestina kedua atau pemberontakan.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Kompleks Al Aqsa Konflik Israel Palestina Timur Tengah Itamar Ben-Gvir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :