Kamis, 25/04/2024 23:38 WIB

Tanggapi Provokasi, China Latihan Serangan di Sekitar Taiwan

Tanggapi Provokasi, China Latihan Serangan di Sekitar Taiwan

Tentara China melakukan latihan tembakan langsung jarak jauh ke Selat Taiwan dari lokasi yang dirahasiakan dalam selebaran yang dirilis pada 4 Agustus 2022. (File: Theater Command/Handout via Reuters)

JAKARTA, Jurnas. com - Militer China mengatakan telah melakukan "latihan serangan" di laut dan wilayah udara di sekitar Taiwan sebagai tanggapan atas provokasi dari pulau yang diperintah secara demokratis dan Amerika Serikat (AS).

Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri, mengatakan latihan pada hari Minggu menunjukkan Beijing menyerang perdamaian regional dan berusaha untuk menakut-nakuti rakyat Taiwan.

China mengadakan latihan perang di sekitar Taiwan pada Agustus setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei, dan pada Sabtu, Negeri Tirai Bambu itu mengutuk AS atas undang-undang otorisasi pertahanan baru yang meningkatkan bantuan militer untuk Taiwan.

Dalam sebuah pernyataan singkat, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China mengatakan telah melakukan patroli kesiapan tempur bersama dan latihan pemogokan senjata bersama di sekitar Taiwan.

"Ini adalah tanggapan tegas terhadap eskalasi kolusi dan provokasi dari AS dan Taiwan saat ini," kata PLA tanpa memberikan rincian, seperti dikutip dari Al Jazeera.

"Pasukan teater akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk secara tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas wilayah," tambahnya.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan tindakan China "sekali lagi menyoroti mentalitasnya untuk menyelesaikan perbedaan dengan kekerasan dan menghancurkan perdamaian dan stabilitas regional".

"Tindakan ‘intimidasi militer’ Komunis China jelas ditujukan untuk menakuti rakyat kita dan tidak kondusif bagi citra internasional (China)," katanya, seraya menambahkan bahwa Taiwan akan terus meningkatkan militernya.

Taiwan telah mengeluhkan aktivitas militer China yang berulang kali di dekat pulau itu selama tiga tahun terakhir karena Beijing berusaha menekan Taipei untuk menerima kedaulatan China.

AS adalah pendukung dan pemasok senjata internasional terpenting Taiwan meskipun tidak ada hubungan diplomatik formal. Penjualan senjata AS ke Taiwan selalu mengganggu hubungan Beijing dengan Washington.

Militer Taiwan dikerdilkan oleh tetangganya yang besar. Angkatan udaranya khususnya berada di bawah tekanan karena harus berulang kali menghentikan serangan China di dekat pulau itu.

Latihan China bertepatan dengan walikota dan kepala daerah yang baru terpilih mengambil posisi mereka di Taiwan setelah pemilihan lokal bulan lalu, di mana Partai Progresif Demokratik yang berkuasa dikalahkan.

China tidak pernah berhenti menggunakan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya. Taiwan membantah klaim China atas pulau itu, dengan mengatakan hanya 23 juta penduduknya yang dapat memutuskan masa depan mereka.

KEYWORD :

Konflik China Taiwan Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :