Kamis, 18/04/2024 07:08 WIB

PBB Minta Negara Muslim Kutuk Langkah Taliban Larang Perempuan Kuliah

PBB Minta Negara Muslim Kutuk Langkah Taliban Larang Perempuan Kuliah.

Wanita Afghanistan secara tradisional mengenakan burqa - kebanyakan dijual dalam warna biru, putih dan abu-abu - tetapi jubah hitam kurang umum di seluruh negeri [File: Mohd Rasfan/AFP]

JAKARTA, Jurnas.com - Utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk pendidikan global,  Gordon Brown telah meminta negara-negara Muslim mengutuk langkah Taliban yang melarang perempuan mengikuti perkuliahandi Universitas.

"Ini adalah salah satu hari paling menyedihkan bagi mereka yang peduli dengan hak perempuan dan anak perempuan," kata Brown tentang keputusan minggu ini oleh Kementerian Pendidikan Tinggi yang dipimpin Taliban.

Dalam sebuah wawancara dengan siaran Al Jazeera pada hari Jumat, Brown mengatakan ekonomi Afghanistan akan dirugikan dalam jangka panjang jika perempuan tidak diizinkan untuk berlatih sebagai dokter, guru, peneliti, ilmuwan, dan profesi lainnya.

Dalam jangka pendek, keputusan itu bisa membuat perempuan yang terbiasa menjadi "pemikir independen" akan mencoba meninggalkan negara atau tunduk pada aturan ini, katanya.

Brown, yang sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri Inggris, mencatat bahwa sementara Barat memiliki pengaruh terbatas atas pemerintah yang dipimpin Taliban setelah konflik selama dua dekade, negara-negara Islam dapat memainkan peran penting dalam mempengaruhi kebijakan Taliban menuju inklusivitas yang lebih besar.

"Cara kita menangani ini adalah agar semua pemimpin kita di negara-negara Muslim memprotes dan mengatakan Islam tidak memerlukan ini," katanya.

Dalam editorial yang diterbitkan di surat kabar Inggris The Guardian, Brown mencatat bahwa setiap negara di dunia Muslim kecuali Afganistan yang dikuasai Taliban secara terbuka berkomitmen pada tujuan pembangunan berkelanjutan PBB bahwa setiap anak dipastikan memiliki akses ke pendidikan berkualitas yang inklusif dan setara pada tahun 2030.

Sejumlah negara Muslim telah mengutuk larangan nasional tersebut.

Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa tindakan tersebut akan berdampak besar pada ekonomi, pertumbuhan, dan hak asasi manusia Afghanistan.

Doha meminta pemerintah sementara Afghanistan untuk meninjau kembali keputusannya dan menerapkan prinsip-prinsip Islam tentang hak-hak perempuan.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pada hari Kamis bahwa larangan itu tidak Islami atau manusiawi. Berbicara pada konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Yaman, Cavusoglu mendesak Taliban untuk membatalkan keputusan tersebut.

"Apa salahnya pendidikan perempuan? Apa ruginya bagi Afghanistan?" kata Cavusoglu. "Apakah ada penjelasan Islami? Sebaliknya, agama kita, Islam, tidak menentang pendidikan. Sebaliknya, itu mendorong pendidikan dan sains."

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan keheranan dan penyesalan pada wanita Afghanistan yang ditolak pendidikan universitasnya. Dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam, kementerian tersebut mengatakan keputusan itu mengherankan di semua negara Islam.

Sejak kembali berkuasa setelah pasukan AS mundur pada 2021, Taliban telah mengingkari janjinya untuk menjamin hak-hak anak perempuan untuk dididik dan kebebasan lainnya.

Pada bulan Maret, melarang anak perempuan dari pendidikan menengah, kemudian memperluas pembatasan ke pendidikan dasar dan terakhir ke pendidikan tinggi. Kelompok itu berpendapat aturannya sesuai dengan interpretasinya tentang Islam.

Siswa perempuan Afghanistan memprotes larangan tersebut pada hari Jumat di Kabul karena personel Taliban mencegah akses mereka ke ruang kelas. Protes dengan cepat ditutup oleh petugas keamanan.

KEYWORD :

Larangan Kuliah Perempuan Afghanistan Taliban Utusan PBB Negara Muslim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :