Sabtu, 20/04/2024 17:55 WIB

Mendag Blusukan di Papua Barat untuk Pastikan Harga Bapok

Jelang Nataru, Mendag blusukan di Papua Barat untuk pastikan harga Bapok

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan meninjau Pasar Sentral Remu di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (21/12). (Foto dok. Kemendag/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) di Papua Barat cukup, dengan harga cenderung stabil sehingga masyarakat dapat menghadapi Natal dan tahun baru (Nataru) dengan nyaman dan lancar. Hal itu, diutarakan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan setelah meninjau Pasar Sentral Remu di Kota Sorong, Papua Barat pada hari ini, Rabu (21/12).

"Beras, minyak goreng, bawang, telur, ayam, dan daging yang dijual di Pasar Sentral Remu di Kota Sorong harganya stabil standar. Jadi, mudah-mudahan Natal dan tahun baru lancar, bahan pokok tersedia dan harga tidak naik, alias stabil," kata Zulhas dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Rabu (21/12).

Mendag Zulhas menambahkan, untuk menekan laju inflasi di tanah Papua, salah satu upaya yang harus dilakukan yaitu dengan menjaga pasokan pokok agar tetap cukup. Jangan sampai terjadi kelangkaan harga bahan pokok di Papua karena dampaknya akan meluas. "Untuk menekan laju inflasi di tanah Papua, maka upaya yang harus dilakukan yaitu pasokan barangnya cukup dan dikirim menggunakan tol laut," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, Mendag Zulhas menyebut harga barang kebutuhan pokok cenderung stabil dibanding bulan sebelumnya. Namun terdapat beberapa komoditas yang mengalami kenaikan seperti telur ayam ras dari Rp31.000/kg menjadi Rp39.000/kg, serta cabai merah besar dari Rp37.500/kg menjadi Rp42.500/kg.

Mendag Zulhas juga menyebut Harga beras medium tercatat sebesar Rp12.000/kg, beras medium Bulog Rp10.000/kg, beras premium Rp13.000/kg, gula pasir Rp14.000/kg, minyak goreng kemasan Minyakita Rp14.000/liter.

Sementara minyak goreng kemasan premium Rp25.000/liter, tepung terigu Rp14.000/kg, daging sapi Rp140.000/kg, daging ayam Rp40.000/kg, cabai keriting Rp42.500/kg, cabai rawit Rp90.000/kg, bawang merah Rp52.500/kg, dan bawang putih Rp37.500/kg.

Pasar Sentral Remu merupakan pasar rakyat yang dikelola Pemerintah Daerah Kota Sorong. Pasar dengan luas lahan 20 ribu m² ini telah berdiri sejak 1985. Pasar yang beroperasi setiap hari ini ditempati 767 pedagang dengan jumlah los sebanyak 300 unit dan toko sebanyak 214 unit.

Menghadapi Natal dan tahun baru, Kemendag telah melakukan beberapa langkah dalam menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok. Keberhasilan langkah tersebut tercermin pengendalian inflasi yang terus melandai.

Pada November 2022, secara bulanan inflasi tercatat sebesar 5,41 persen, turun dibanding Oktober yang tercatat sebesar 5,71 persen. Pengendalian inflasi sektor pangan bergejolak juga menunjukkan hasil yang positif dengan mencatatkan deflasi selama empat bulan berturut-turut sejak Agustus lalu.

Sebelumnya, Pemerintah melakukan rapat koordinasi nasional membahas persiapan Natal dan tahun baru. Pada rakornas tersebut terungkap, secara umum harga barang kebutuhan pokok stabil dan pasokannya cukup.

Kemendag telah berkoodinasi dengan Pemerintah Daerah, khususnya Dinas yang membidangi perdagangan untuk mengoptimalkan mengoptimalkan APBD untuk kegiatan: subsidi transportasi, operasi pasar/pasar murah. Selain itu, Pemerintah Daerah diminta untuk turun ke pasar dan distributor untuk memastikan kelancaran arus logistik barang kebutuhan pokok.

 

 

KEYWORD :

Mendag Zulhas Nataru harga ketersediaan bahan pokok Papua Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :