Jum'at, 26/04/2024 00:36 WIB

KPK Pastikan Penyelidikan Formula E Tetap Berjalan

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwara saat ditemui di area Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Minggu (11/12).

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata di Gedung KPK. (Foto:Gery/Jurnas).

Jakarta, Jurnas.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan masih mengusut kasus dugaan korupsi pada penyelenggaraan ajang balap Formula E.

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwara saat ditemui di area Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Minggu (11/12).

“Itu (kasus Formula E) kan masih di tahap penyelidikan,” kata Alex sapaan karib Alexander kepada wartawan.

Alex menerangkan KPK memiliki sejumlah keterbatasan terkait penyelidikan Formula E. Salah satunya yakni KPK masih belum bisa meminta bantuan dari Serious Fraud Office (SFO) di Inggris.

“Karena kedudukan FEO (Formula E Operation)-nya itu kan di sana (Inggris) kalau enggak salah, untuk meminta dokumen atau meminta supaya yang bersangkutan dipanggil untuk diklarifikasi,” tutur Alex.

Dijelaskan Alex bahwa dalam tahap penyelidikan, pemanggilan para calon saksi oleh KPK masih bersifat sukarela. Jika seorang calon saksi yang dipanggil untuk diperiksa tidak datang, KPK tak bisa berbuat banyak.

“Makanya itulah kesulitan-kesulitan kita di tingkat penyelidikan. Jangankan begitu, kita melakukan penggeledahan di Jakpro saja enggak bisa kan begitu, di tingkat penyelidikan loh ya, enggak bisa,” ungkap Alex.

Sebelumnya, KPK juga menegaskan pengusutan kasus Formula E murni bentuk penegakan hukum. Kasus ini kini tengah berada di tahap penyelidikan dan belum ada tersangka yang resmi diumumkan KPK.

"Tidak ada hubungan dengan proses-proses di luar 44 hukum tersebut," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (7/10/2022).

Ali menerangkan, sampai saat ini penyelidikan Formula E tetap dilanjutkan. Dia menekankan, penyelidikan telah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

"Kami pastikan seluruh proses yang KPK lakukan sesuai prosedur dan mekanisme hukum," tutur Ali.

KEYWORD :

Korupsi Formula E Anies Baswedan KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :