Kamis, 25/04/2024 19:32 WIB

Rekomendasi 4 Sayuran Akar untuk Penderita Diabetes

Rekomendasi 4 Sayuran Akar untuk Penderita Diabetes

Wortel sebagai jenis sayuran akar (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Jurnas.com - Kadar gula tinggi menjadi momok bagi setiap orang, sebab rentan menyebabkan komplikasi yang mengancam kesehatan. Karena itu, sangat penting menjaga kadar gula dalam darah agar tetap seimbang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kadar gula puasa idealnya berkisar antara 70 mg/dL (3,9 mmol/L) dan 100 mg/dL (5,6 mmol/L). Jika mencapai 126 mg/dL (7 mmol/L) atau lebih, maka sudah tergolong diabetes.

Selain mengonsumsi obat penyeimbang gula darah, sayuran akar bisa menjadi salah satu makanan alternatif. Dilansir dari Times Now News pada Kamis (8/12), berikut beberapa sayuran akar yang baik untuk mengontrol gula darah:

1. Lobak
Selain sarat dengan vitamin C dan betakaroten, lobak baik untuk menyeimbangkan kadar gula darah serta menjaga aliran dan sirkulasi darah. Ini kaya serat, yang memperlambat pemecahan karbohidrat dan penyerapannya.

Lobak sarat dengan senyawa kimia seperti glucosinolate dan isothiocyanate yang menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Ini juga merupakan sayuran yang bagus karena meningkatkan produksi adiponektin tubuh, hormon yang melindungi Anda dari resistensi insulin.

2. Bawang
Bawang merah mudah tersedia sepanjang tahun dan merupakan salah satu sayuran yang paling banyak digunakan dalam berbagai hidangan. Karena rendah kalori, bawang dikemas dengan nutrisi penting, vitamin, serat, dan mineral. Bawang juga sarat dengan potasium yang membantu memperlambat pencernaan yang memastikan pelepasan gula lebih lambat dalam aliran darah.

Pakar kesehatan percaya bahwa kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan glukosa teroksidasi dan membentuk radikal bebas, yang dapat berbahaya bagi jaringan tubuh dan kesehatan. Karenanya, antioksidan dalam bawang merah dapat membantu mengurangi radikal bebas dan bahkan mengatasi peradangan.

3. Bit
Bit atau beet kaya akan kandungan nitrat yang membantu menjaga tekanan darah dan mengatur kesehatan peredaran darah secara keseluruhan. Nitrat adalah bahan kimia yang terkandung dalam bit, bersama dengan serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan cenderung tidak mengalami lonjakan gula. Sayuran mentah memiliki lebih banyak serat daripada sayuran yang dimasak, ditumbuk, atau diproses.

4. Wortel
Pakar kesehatan mengatakan bahwa wortel dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak sebagai hidangan yang dimasak, atau salad dan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Indeks glikemiknya rendah dan kaya akan berbagai jenis vitamin yang dapat mengontrol kadar gula. Wortel juga mengandung Vitamin-A yang dianggap bermanfaat untuk mata.

KEYWORD :

Sayuran Akar Diabetes Kadar Gula Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :