Rabu, 24/04/2024 11:49 WIB

Cetak Rekor, Kamerun Jadi Negara Afrika Pertama yang Kalahkan Brasil

Cetak Rekor, Kamerun Jadi Negara Afrika Pertama yang Kalahkan Brasil

Kamerun menang atas Brasil di Piala Dunia 2022 (Foto: Sports Mole)

Doha, Jurnas.com - Kemenangan Kamerun atas Brasil pada Sabtu (3/12) dini hari dalam laga terakhir fase grup Piala Dunia 2022 Qatar, menorehkan catatan ciamik untuk tim asuhan Rigobert Song.

Kendati akhirnya gagal lolos ke babak 16 besar, Kamerun yang berada di Grup G bersama Swiss dan Serbia, mencetak rekor sebagai negara Afrika pertama yang mengalahkan Brasil di Piala Dunia.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadiun Lusail, Kamerun menang tipis 1-0 atas Brasil, berkat gol yang dicetak oleh Vincent Aboubakar di menit ke-92.

Sementara itu, Selecao (julukan Brasil, Red) sebelumnya memenangkan tujuh pertemuan Piala Dunia melawan tim asal Afrika, mencetak 20 gol, dan hanya kebobolan dua gol.

Dua dari tujuh kemenangan itu dilakoni saat melawan Kamerun, yaitu ketika menang 3-0 dalam Piala Dunia 1994, diikuti dengan kemenangan 4-1 pada Piala Dunia 2014 silam.

Ghana, Maroko, Pantai Gading, Aljazair, dan Zaire juga menderita kekalahan dari Brasil di Piala Dunia. Tapi, pasukan Rigobert Song tersingkir di Qatar sebagai tim Afrika pertama yang mengalahkan negara paling sukses dalam sejarah kompetisi.

Indomitable Lions juga mengakhiri rekor 17 pertandingan tak terkalahkan Brasil di fase grup Piala Dunia, serta 17 pertandingan tak terkalahkan mereka di semua kompetisi. Terakhir kali, Brasil kalah dari Argentina di final Copa Amerika 2021.

Selain itu, kemenangan Kamerun atas Brasil menjadi yang pertama selama 19 tahun terakhir, sejak tim Afrika itu meraih kemenangan tipis 1-0 di Piala Konfederasi 2003 silam.

KEYWORD :

Kamerun Brasil Afrika Piala Dunia 2022




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :