Sabtu, 20/04/2024 20:44 WIB

14.490 Rumah Rusak di Cianjur Bakal Direhabilitasi

14.490 Rumah Rusak di Cianjur Bakal Direhabilitasi

Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 14.490 rumah rusak akibat gempa di Cianjur bakal direhabilitasi, menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 29 November.

Kepala BNPB, Suharyanto mengatakan, data gelombang pertama ini untuk sementara akan dikunci guna proses pembangunan hunian oleh BNPB, Pemda, dan Kementerian PUPR.

"Data dikunci sementara. Biar tidak tumpang tindih data akan difinalisasi jadi ini kita anggap sebagai batch 1. Sudah kita tutup nanti kemudian kita lanjutkan batch 2," kata Suharyanto dalam siaran pers pada Rabu (30/11).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam kunjungan ketiganya ke Cianjur, Jawa Barat, mengecek berbagai penanganan yang telah dilakukan oleh BNPB dan Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Dia mengatakan penanganan bencana sudah semakin terorganisasi dengan baik. Dari segi bantuan tenda, sandang, pangan, dan logistik juga sudah dapat diberikan sampai ke tempat-tempat yang terisolasi.

"Kendala dan kekurangan pada hari awal gempa sudah bisa diatasi. Termasuk mereka yang tinggal di daerah terisolasi sudah bisa dijangkau sudah bisa mendapatkan bantuan dari posko pusat. Sekarang ini sudah berjalan dengan baik," ujar Menko PMK.

Kemudian, setelah penanganan bencana telah berlangsung baik, Menko PMK juga mengarahkan agar penanganan bencana segera beralih ke tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Hal itu katanya sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo supaya bisa mempercepat rehabilitasi dan rekonstruksi.

KEYWORD :

Menko PMK BNPB Muhadjir Effendy Gempa Cianjur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :