Sabtu, 20/04/2024 06:29 WIB

Twitter Mengkhawatirkan di Bawah Elon Musk

Twitter Mengkhawatirkan di Bawah Elon Musk.

Profil Twitter Elon Musk terlihat pada smartphone yang ditempatkan pada logo Twitter tercetak dalam ilustrasi gambar ini yang diambil pada 28 April 2022. Reuters/Dado Ruvic/Illustration//File Photo

JAKARTA, Jurnas.com - Mantan kepala kepercayaan dan keamanan Twitter, Yoel Roth mengatakan perusahaan media sosial itu tidak lebih aman di bawah pemilik baru Elon Musk.

Ia juga memperingatkan dalam wawancara pertamanya sejak mengundurkan diri bulan ini bahwa perusahaan tidak lagi memiliki cukup staf untuk pekerjaan keselamatan.

Roth mentweet setelah pengambilalihan Musk bahwa dengan beberapa langkah, keamanan Twitter telah meningkat di bawah kepemilikan miliarder itu. Ditanya dalam sebuah wawancara di konferensi Knight Foundation pada Selasa apakah dia masih merasa seperti itu, Roth menjawab: "Tidak."

Roth adalah seorang veteran Twitter yang membantu mengarahkan platform media sosial melalui beberapa keputusan penting, termasuk langkah untuk menangguhkan secara permanen pengguna paling terkenalnya, mantan Presiden AS Donald Trump, tahun lalu.

Kepergiannya semakin mengguncang pengiklan, banyak di antaranya mundur dari Twitter setelah Musk memberhentikan setengah dari staf, termasuk banyak yang terlibat dengan moderasi konten.

Sebelum Musk mengambil alih kepemimpinan di Twitter, sekitar 2.200 orang di seluruh dunia fokus pada pekerjaan moderasi konten, kata Roth. Dia mengaku tidak mengetahui nomornya setelah akuisisi karena direktori perusahaan sudah dimatikan.

Twitter di bawah Musk mulai menyimpang dari kepatuhannya pada kebijakan tertulis dan tersedia untuk umum terhadap keputusan konten yang dibuat secara sepihak oleh Musk, yang dikutip Roth sebagai alasan pengunduran dirinya.

"Salah satu batasan saya adalah jika Twitter mulai diatur oleh dekrit diktator daripada kebijakan ... saya tidak perlu lagi dalam peran saya, melakukan apa yang saya lakukan," katanya.

Perubahan langganan premium Twitter Blue, yang akan memungkinkan pengguna membayar tanda centang terverifikasi di akun mereka, diluncurkan meskipun ada peringatan dan saran dari tim kepercayaan dan keamanan, kata Roth.

Peluncuran tersebut dengan cepat dilanda spammer yang menyamar sebagai perusahaan publik besar seperti Eli Lilly, Nestle dan Lockheed Martin.

Roth juga mengatakan Selasa bahwa Twitter keliru dalam membatasi penyebaran artikel New York Post yang membuat klaim tentang putra calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden sesaat sebelum pemilihan presiden 2020.

Namun dia membela keputusan Twitter untuk menangguhkan Trump secara permanen karena risiko hasutan kekerasan lebih lanjut setelah kerusuhan di US Capitol pada 6 Januari 2021.

"Kami melihat contoh paling jelas tentang bagaimana hal-hal berubah dari online ke offline," kata Roth. "Kami melihat orang tewas di Capitol."

Musk men-tweet pada 19 November bahwa akun Trump akan dipulihkan setelah mayoritas tipis memilih langkah tersebut dalam jajak pendapat Twitter yang mengejutkan.

KEYWORD :

Media Sosial Twitter Elon Musk Yoel Roth




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :