Rabu, 24/04/2024 00:56 WIB

Kuartal III, Afiliator Tokopedia Naik Lima Kali Lipat

Kuartal III, Afiliator Tokopedia Naik Lima Kali Lipat

Program Tokopedia Affiliate (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Jumlah afiliator yang mengikuti program Tokopedia Affiliate mengalami kenaikan hingga lima kali lipat pada kuartal ketiga tahun ini. Hal ini disampaikan AVP of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari.

Tokopedia Affiliate merupakan program di mana pengguna mendapatkan komisi dengan mempromosikan jutaan produk di Tokopedia, melalui tautan afiliasi yang dibagikan lewat media sosial.

"Animo masyarakat terhadap Tokopedia Affiliate Program sangat tinggi. Jumlah pengguna aktif Tokopedia Affiliate naik hampir lima kali lipat di kuartal III 2022 dibandingkan dengan kuartal I 2022," kata Nirmala secara daring pada Senin (28/11).

Dia mengatakan, pengguna Tokopedia Affiliate bisa meraih komisi hingga 10 persen maksimum Rp50 ribu, ketika produk berhasil dijual melalui tautan khusus yang dibagikan di media sosial.

Komisi sebesar Rp50 juga bisa didapatkan dari setiap kunjungan tervalidasi (page visit) ke halaman produk atau toko, yang dipromosikan oleh pengguna Tokopedia Affiliate.

"Affiliate bisa memantau secara real-time performa dari link afiliasi pada halaman dashboard yang bisa diakses kapan pun lewat aplikasi Tokopedia. Selain itu, Affiliate bisa bergabung di komunitas Akademi Kreator Tokopedia untuk berbagi pengalaman dan mengasah skill sebagai kreator konten dengan kreator konten lainnya yang berpengalaman," terang dia.

Nirmala menambahkan, Tokopedia Affiliate juga bisa membuat strategi affiliate marketing penjual khususnya UMKM lokal menjadi lebih interaktif dan menarik.

Pasalnya, Affiliate bisa mempromosikan produk/toko penjual secara lebih kreatif melalui ulasan/video tutorial kepada kerabat, rekan atau kreator konten lainnya. Hal tersebut bisa membantu penjual memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

"Saat ini, pegiat usaha tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk Affiliate karena komisi atas kunjungan ke produk atau toko dan penjualan produk yang dipromosikan Affiliate akan dibayarkan sepenuhnya oleh Tokopedia. Sehingga pegiat usaha pemula sekali pun bisa mencoba affiliate marketing dengan Tokopedia Affiliate Program," tutup dia.

KEYWORD :

Tokopedia Afiliator Kuartal III Media Sosial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :