Kamis, 25/04/2024 20:04 WIB

Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur, Mendag Zulhas: Stok Sembako Terjaga Baik

Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur, Mendag Zulhas: Stok Sembako Terjaga Baik.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (FOTO/dok.Istimewa)

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan stok kebutuhan sembako terjaga dengan baik pascagempa Cianjur. Di seluruh wilayah terdampak gempa, harga sembako juga terpantau stabil.

"Jangan ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi bencana ini dengan menaikkan harga sembako," kata Zulhas usai menyampaikan bantuan Kemendag Peduli kepada korban gempa Cianjur pada Minggu (27/11) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Mendag Zulhas berkomitmen terus memantau harga barang kebutuhan pokok di Cianjur. Jika ada yang berspekulasi menaikkan harga barang kebutuhan pokok, Kemendag akan mengambil tindakan tegas.

"Jika nanti harga barang kebutuhan pokok naik, kita akan adakan operasi pasar," tandasnya.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Kemendag Peduli menyerahkan bantuan kepada korban gempa Cianjur pada Minggu di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (27/11). Bantuan tersebut terdiri atas uang tunai senilai Rp 90 juta yang diserahkan kepada pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur terdampak gempa.

Selanjutnya bantuan sebesar Rp 300 juta diberikan kepada masyarakat melalui Pemerintah Kabupaten Cianjur, dan Rp9 27,5 juta kepada posko relawan di tiga titik lokasi terdampak gempa, yakni di kampung Cikamuning, Rawacina, dan Cikarenyom.

Di samping bantuan uang, di tiga lokasi tersebut juga dibagikan barang berupa selimut, air mineral, makanan kecil, masker, pakaian dalam, dan barang kebutuhan lainnya.

"Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat korban terdampak gempa di Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu," ujar Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Turut mendampingi kunjungan Mendag Zulhas yakni Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi.

Sebagai tambahan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat total 321 orang meninggal dunia akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat. Jumlah korban tersebut terhitung hingga Minggu (27/11).

KEYWORD :

Bantuan Korban Gempa Cianjur Zulkifli Hasan Stok Sembako




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :