Jum'at, 26/04/2024 02:53 WIB

Sandang Marga Sidabutar, Erick Thohir Juga Diberikan Tongkat Kepemimpinan Saat Kunjungi Samosir

Upacara pemberian marga menteri BUMN tersebut merupakan rangkaian dari acara Tao Toba Heritage Fest yang digelar untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba yang saat itu tengah dihadirinya.

Upacara adat Batak pemberian marga kepada Erick Thohir. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi bagian dari suku Batak. Dia kini menyandang marga Sidabutar yang diresmikan langsung oleh Raja Sidabutar saat dirinya berkunjung ke Pulau Samosir.

Upacara adat Batak pemberian marga kepada Erick Thohir berlangsung khidmat. Dia diketahui lahir dari keturunan darah Lampung, namun hal itu tak mengahalanginya untuk menjadi bagian suku Batak.

Momen pemberian marga itu dibagikan oleh Erick Thohir melalui sebuah unggahan di akun Instagram miliknya @erickthohir dikutip Minggu (27/11).

Terlihat dalam unggahan tersebut tampak sosok Erick Thohir yang tengah melalukan upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Upacara pemberian marga menteri BUMN tersebut merupakan rangkaian dari acara Tao Toba Heritage Fest yang digelar untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba yang saat itu tengah dihadirinya.

Erick Thohir diberikan marga Sidabutar oleh sang Raja Sidabutar. Hal itu membuatnya kini termasuk dalam keturunan ke 10 dari Raja Sidabutar.

Dalam upacara pemberian marga itu Raja Sidabutar menyerahkan tongkat pemimpin kepada Erick Thohir di depan tokoh-tokoh adat Batak dan masyarakat sekitar.

Saat itu, Erick Thohir tampil dengan ulos yang membalut tubuhnya. Usai sah memiliki marga, bersama para tokoh adat batak dan masyarakat yang hadir Erick Thohir tampil menarikan tarian khas Batak yaitu tari tortor.

Erick Thohir pun mengungkapkan rasa bahagianya yang kini dapat menjadi bagian dari orang Batak.

“Saya merasa bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak. Bangsa yang terkenal kaya akan budaya, memiliki banyak tradisi bersejarah, semangat kekeluargaan, dan pekerja keras,” tulisnya.

“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” lanjutnya.

Setelah itu, Erick Thohir juga tak lupa untuk memberikan penghormatan kepada tokoh adat Batak atas pemberian marganya itu.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai Keluarga. HORAS!” demikian tulis Erick Thohir.

 

KEYWORD :

Menteri BUMN Erick Thohir Marga Sidabutar Samosir Batak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :