Sabtu, 20/04/2024 21:14 WIB

Fortadikbud Galang Donasi untuk Siswa Terdampak Gempa Cianjur

Fortadikbud Galang Donasi untuk Siswa Terdampak Gempa Cianjur

Sekolah rusak akibat gempa di Cianjur (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Forum Wartawan Pendidikan dan Kebudayaan (Fortadikbud) menggalang donasi untuk para peserta didik yang terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat. Bantuan yang didistribusikan mulai dari uang tunai, alat tulis, tas seragam hingga perlengkapan sekolah lainnya.

"Bantuan ini kita galang untuk meringankan beban peserta didik hingga guru yang terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat," kata Ketua Fortadikbud, Syarief Oebaidillah, pada Kamis (24/11) kemarin.

Dia mengatakan, bantuan yang disalurkan akan sangat membantu para warga pendidikan yang terdampak gempa berkekuatan magnitudo 5,6 skala richter tersebut. Gempa tersebut telah meluluhlantakan sejumlah bangunan sekolah.

"Di antara korban adalah warga belajar. Untuk itu Fortadikbud Peduli mengetuk hati teman teman, untuk dapat berbagi meringankan beban saudara-saudara kita," kata Oebaidillah yang juga wartawan Media Indonesia tersebut.

Koordinator Penggalangan Fortadikbud Pedulu untuk Gempa Cianjur, Muhammad Maruf mengatakan, bantuan dapat dikirimkan melalui rekening BNI atas nama Muhammad Maruf dengan nomor rekening 0228318877. Setelah dana terkirim, donatur diharapkan dapat melakukan konfirmasi ke saudara Muti di nomor 085814756101.

"Adapun untuk bantuan dalam bentuk barang, dapat dikumpulkan di Press Room Fortadikbud di Gedung A Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta," jelas Maruf.

Sejauh ini berdasarkan data sementara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur per Rabu, 23 November 2022, jumlah bangunan sekolah sebanyak 361, dengan ruang yang rusak mencapai 1.417. Adapun korban luka guru sebanyak 55 guru dan korban luka siswa 216, sementara guru meninggal 3 orang dan siswa meninggal 32 orang.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa bumi dengan guncangan magnitudo 5,6 skala richter melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat, pada pukul 13.21 WIB, Senin, 21 November 2022.

Pusat gempa berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.

KEYWORD :

Fortadikbud Gempa Cianjur Donasi Bencana Alam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :