Jum'at, 26/04/2024 02:02 WIB

DPR Apresiasi Gerak Cepat Jokowi Tangani Korban Bencana Cianjur

Saya kira gerak Pemerintah sudah cukup baik, artinya Presiden sudah perintahkan semua pembantunya untuk segera menangani masalah bencana yang akhir-akhir ini bersamaan di beberapa daerah seperti kondisi bencana gempa di Cianjur sekarang ini.

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Gerindra, Abdul Wachid. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid mengapresiasi langkah cepat Pemerintah, dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penanganan korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dalam penanganan korban bencana, semua Kementerian lembaga dan TNI/Polri terjun langsung membantu para korban bencana.

“Saya kira gerak Pemerintah sudah cukup baik, artinya Presiden sudah perintahkan semua pembantunya untuk segera menangani masalah bencana yang akhir-akhir ini bersamaan di beberapa daerah seperti kondisi bencana gempa di Cianjur sekarang ini,” kata Abdul Wachid saat dihubungi, Jumat (25/11).

Politikus Partai Gerindra ini menjelaskan, bantuan untuk para korban bencana gempa bumi ini tidak hanya datang dari Pemerintah pusat tetapi juga dari Pemerintah daerah dan para anggota DPRD Kabupaten/Kota. Artinya, gerak cepat Pemerintah ini yang patut mendapat dukungan penuh dari semua pihak, termasuk Komisi VIII DPR RI.

“Kan yang memberi perhatian tidak hanya Pemerintah Pusat saja, akan tetapi saya amati dari Pemda di beberapa kabupaten/kota juga sekarang memberi bantuan, juga para anggota dewan di Kabupaten/kota sedang menyisihkan gajinya untuk membantu para korban,” ujarnya.

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah itu menuturkan, penanganan korban bencana sejauh ini masih terfokus pada saat kejadian dan pasca bencana belum menjadi perhatian serius. Untuk itu, Abdul Wachid berharap gerak cepat Pemerintah ini juga sampai pada pasca bencana nanti.

“Dalam Penangan korban saya berharap tidak hanya saat terjadi bencana saja, akan tetapi pasca bencana justru sangat Penting. (Ini yang terkadang kurang menjadi perhatian), dan para korban bencana sangat membutuhkan perhatian dari mulai infrastruktur, sara prasarana sampai persoalan membangkitkan ekonomi,” jelasnya.

Lebih jauh anak buah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto itu, Pemerintah ke depan lebih menggerakkan Kampung Siaga Bencana (KSB), karena Indonesia merupakan negara yang terletak di cincin lingkar patahan bumi dan itu sangat rentan terjadi gempa bumi kapan saja.

“Tidak kalah pentingnya Pemerintah pusat dan daerah juga harus menggerakkan KSB.

Langkah ini sangat penting mengingat negara kita yang terletak di cincin lingkar patahan bumi dimana sewaktu-waktu dimungkinkan akan terjadi patahan yang bisa mengakibatkan gempa bumi dan Sunami,” ungkapnya.

“Selain gempa bumi, negara kita ini di daerah tropis yang juga mudah terjadi banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan.

Itulah saya dorong di bentuknya kampung siaga bencana,” tambahnya.

Abdul Wachid juga mengusulkan agar para anggota DPR, DPD RI dan DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota ikut membantu Pemerintah dalam meringankan beban para korban bencana di Kabupatem Cianjur.

“Dewan kabupaten/kota, Provinsi hingga DPR RI untuk menyisihkan sebagian gajinya untuk membantu korban bencana di Cianjur,” tandasnya.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi VIII bencana gempa bumi Cianjur Jokowi Abdul Wachid




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :