Jum'at, 19/04/2024 21:17 WIB

Puan Pastikan Papua Barat Daya Jadi Peserta Pemilu 2024

Jadi setelah ini DPR RI akan berkirim surat kepada pemerintah yang menyatakan sudah menyelesaikan terkait dengan undang-undang Papua Barat Daya.

Ketua DPR RI Puan Maharani bersama warga Papua di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (17/11). (Foto: Humas DPR)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan Papua Barat Daya ikut dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 mendatang. Hal itu menyusul telah disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pembentukan Papua Barat Daya menjadi UU.

"Tentu saja (ikut Pemilu 2024) setelah disahkan di DPR RI ini akan dibahas secara mekanismenya bersama pemerintah," kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (17/11).

Politikus PDIP ini menegaskan, DPR dalam waktu dekat ini akan segera berkirim surat ke pemerintah terkait pengesahan UU Papua Barat Daya ini.

"Jadi setelah ini DPR RI akan berkirim surat kepada pemerintah yang menyatakan sudah menyelesaikan terkait dengan undang-undang Papua Barat Daya," ucapnya.

Perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI itu berharap provinsi baru ini bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Berhadap bahwa Papua Barat Daya ini bisa mengikuti tiga provinsi Papua lainnya yang kemarin sudah disahkan untuk bisa mengikuti pemilu tahun 2024 yang akan datang," demikian Puan Maharani.

DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pembentukan Papua Barat Daya menjadi UU. Pengesahan ini dibacakan dalam Rapat Paripurna ke-10 Masa Persidangan II Tahun 2022-2023.

Selain mengagendakan pengesahan RUU Papua Barat Daya menjadi UU, DPR RI hari ini diketahui juga mengagendakan pembahasan beberapa RUU Propinsi dan RUU tentang Landas Kontinen. Berikut pengesahan hasil Uji Kelayakan dan Uji Kepatutan (Fit and proper test) Calon Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Periode 2022-2027.

Untuk calon komisioner KPAI ini, DPR tercatat menyetujui 9 calon komisioner KPAI yang lolos fit and proper test Komisi VIII DPR sebelumnya. Kesembilan calon anggota KPAI periode 2022-2027 itu masing-masing Sylvana Maria, Ai Rahmayanti, Diyah Puspitarini, Margaret Aliyatul Maimunah dan Aris Adi Leksono.

Selanjutnya Kawiyan, Ai Maryati Solihah, Jasra Putra dan terakhir Dian Sasmita.

 

KEYWORD :

Ketua DPR Puan Maharani Papua Barat Daya Pemilu 2024 PDIP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :