Jum'at, 19/04/2024 06:21 WIB

Enam Tewas dan 81 Luka-luka dalam Dugaan Serangan Bom Teroris di Istanbul

Enam Tewas dan 81 Luka-luka dalam Dugaan Serangan Bom Teroris di Istanbul.

Anggota polisi investigasi TKP bekerja ketika polisi Turki mengamankan daerah itu setelah ledakan kuat yang tidak diketahui asalnya mengguncang jalan perbelanjaan Istiklal yang sibuk di Istanbul, pada 13 November 2022. (Foto: AFP/Yasin AKGUL)

JAKARTA, Jurnas.com - Enam orang tewas dan 81 lainnya luka-luka pada Minggu (13/11) ketika sebuah ledakan mengguncang jalan pejalan kaki yang ramai di Istanbul tengah. Presiden Turki Tayyip Erdogan menyebut serangan bom yang berbau terorisme.

Ratusan orang melarikan diri dari Istiklal Avenue yang bersejarah setelah ledakan, saat ambulans dan polisi bergegas masuk. Daerah itu, di distrik Beyoglu di kota terbesar Turki, seperti biasa pada akhir pekan penuh sesak dengan pembeli, turis, dan keluarga.

Rekaman video yang diperoleh Reuters menunjukkan saat ledakan terjadi pada pukul 16.13, mengirimkan puing-puing ke udara dan menyebabkan beberapa orang tergeletak di tanah, sementara yang lain terhuyung-huyung.

Beberapa jam setelah ledakan, Wakil Presiden Fuat Oktay mengunjungi lokasi tersebut untuk memberikan jumlah korban tewas dan cedera terbaru, dan berjanji untuk menyelesaikan masalah ini seger".

Pihak berwenang kemudian mengatakan seorang pekerja kementerian pemerintah dan putrinya termasuk di antara yang tewas. Lima orang dalam perawatan intensif di rumah sakit, dua di antaranya dalam kondisi kritis.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan itu.

Istanbul dan kota-kota Turki lainnya pernah menjadi sasaran separatis Kurdi, militan Islam, dan kelompok lain, termasuk dalam serangkaian serangan pada 2015 dan 2016.

"Upaya untuk mengalahkan Turki dan rakyat Turki melalui terorisme akan gagal hari ini seperti yang mereka lakukan kemarin dan besok," kata Erdogan pada konferensi pers sebelum terbang ke Indonesia untuk pertemuan puncak Kelompok 20 ekonomi terkemuka.

"Orang-orang kami dapat yakin bahwa pelakunya akan dihukum sebagaimana mestinya," katanya, seraya menambahkan bahwa informasi awal menunjukkan "seorang wanita berperan" di dalamnya.

"Salah jika mengatakan ini tidak diragukan lagi serangan teroris, tetapi perkembangan awal dan intelijen awal dari gubernur saya adalah bahwa itu berbau terorisme," tambahnya.

Menteri Kehakiman Bekir Bozdag dikutip oleh Anadolu yang dikelola negara mengatakan seorang wanita telah duduk di bangku selama lebih dari 40 menit sebelum pergi beberapa menit sebelum ledakan, menunjukkan bom yang direncanakan untuk meledak atau diledakkan dari jauh.

Rekaman Reuters menunjukkan orang-orang mendatangi para korban setelah ledakan, dan kemudian penyelidik dengan pakaian putih mengumpulkan bahan-bahan dari tempat kejadian, di mana potongan-potongan penanam beton berserakan di jalan raya, yang dipenuhi dengan toko-toko dan restoran.

"Ketika saya mendengar ledakan itu, saya ketakutan, orang-orang membeku, saling memandang. Kemudian orang-orang mulai melarikan diri. Apa lagi yang bisa Anda lakukan," kata Mehmet Akus, 45, seorang pekerja restoran di Istiklal.

"Kerabat saya menelepon saya, mereka tahu saya mengerjakan Istiklal. Saya meyakinkan mereka," katanya kepada Reuters.

Sebuah helikopter terbang di atas tempat kejadian dan sejumlah ambulans diparkir di dekat Lapangan Taksim. Bulan Sabit Merah Turki mengatakan darah dipindahkan ke rumah sakit terdekat.

Jika dikonfirmasi, itu akan menjadi ledakan bom besar pertama di Istanbul dalam beberapa tahun.

Pemboman kembar di luar stadion sepak bola Istanbul pada Desember 2016 menewaskan 38 orang dan melukai 155 lainnya dalam serangan yang diklaim oleh cabang militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Turki, Uni Eropa, dan Amerika Serikat.

Kecaman atas serangan dan belasungkawa untuk para korban mengalir dari beberapa negara termasuk Yunani, Mesir, Ukraina, Inggris, Azerbaijan, Italia dan Pakistan.

Di Twitter, Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengirimkan belasungkawa kepada para korban setelah "berita mengerikan".

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Ledakan Bom di Turki Serangan Teroris Recep Tayyip Erdogan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :