Sabtu, 20/04/2024 08:00 WIB

Rusia Sebut AS Turunkan Ambang Batas Senjata Nuklir

Rusia Sebut AS Turunkan Ambang Batas Senjata Nuklir.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko memberikan konferensi pers setelah pertemuan di markas NATO antara menteri Rusia dan diplomat aliansi, di kedutaan Rusia, di Brussels, Belgia pada 12 Januari 2022. (File foto: Reuters/Yves Herman)

JAKARTA, Jurnas.com - Rusia mengatakan, percepatan penyebaran senjata nuklir taktis AS, B61 yang dimodernisasi di pangkalan NATO di Eropa akan menurunkan ambang batas nuklir. Rusia akan mempertimbangkan langkah itu dalam perencanaan militernya.

Invasi Rusia ke Ukraina telah memicu konfrontasi paling parah antara Moskow dan Barat sejak Krisis Rudal Kuba 1962 ketika dua negara adidaya Perang Dingin mendekati perang nuklir.

Rusia memiliki sekitar 2.000 senjata nuklir taktis yang berfungsi sementara Amerika Serikat memiliki sekitar 200 senjata semacam itu, setengahnya berada di pangkalan di Italia, Jerman, Turki, Belgia, dan Belanda.

Politico melaporkan pada 26 Oktober, AS mengatakan pada pertemuan tertutup NATO bulan ini bahwa mereka akan mempercepat penyebaran versi modern B61, B61-12, dengan senjata baru tiba di pangkalan Eropa pada bulan Desember, beberapa bulan lebih awal dari berencana.

"Kami tidak dapat mengabaikan rencana untuk memodernisasi senjata nuklir, bom jatuh bebas yang ada di Eropa," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko kepada kantor berita negara RIA.

Bom gravitasi B61-12 setinggi 12 kaki membawa hulu ledak nuklir hasil lebih rendah daripada banyak versi sebelumnya tetapi lebih akurat dan dapat menembus di bawah tanah, menurut penelitian oleh Federasi Ilmuwan Amerika yang diterbitkan pada tahun 2014.

"Amerika Serikat sedang memodernisasi mereka, meningkatkan akurasi dan mengurangi kekuatan muatan nuklir, yaitu, mereka mengubah senjata ini menjadi `senjata medan perang`, sehingga mengurangi ambang batas nuklir," kata Grushko.

Pentagon tidak menanggapi permintaan komentar di luar jam kerja AS. Politico mengutip seorang juru bicara yang mengatakan rincian nuklir tidak akan dibahas tetapi modernisasi senjata B61 telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Di tengah krisis Ukraina, Presiden Vladimir Putin berulang kali mengatakan bahwa Rusia akan mempertahankan wilayahnya dengan segala cara, termasuk senjata nuklir, jika diserang.

Komentar tersebut menimbulkan kekhawatiran khusus di Barat setelah Moskow menyatakan bulan lalu bahwa mereka telah mencaplok empat wilayah Ukraina yang sebagian dikendalikan oleh pasukannya. Putin mengatakan Barat telah terlibat dalam pemerasan nuklir terhadap Rusia.

Senjata Nuklir

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada 6 Oktober bahwa Putin telah membawa dunia lebih dekat ke "Armageddon" daripada kapan pun sejak Krisis Rudal Kuba, meskipun Biden kemudian mengatakan dia tidak berpikir bahwa Putin akan menggunakan senjata nuklir taktis.

Putin tidak menyebutkan menggunakan senjata nuklir taktis tetapi mengatakan dia mencurigai Ukraina dapat meledakkan "bom kotor", klaim yang dikatakan Ukraina dan Barat salah.

Bom nuklir B61 AS pertama kali diuji di Nevada tak lama setelah Krisis Rudal Kuba. Di bawah Barack Obama, presiden AS dari 2009 hingga 2017, pengembangan versi baru bom, B61-12, telah disetujui.

Grushko Rusia mengatakan bahwa Moskow juga harus memperhitungkan Lockheed Martin F-35 yang akan menjatuhkan bom semacam itu. NATO, katanya, telah memperkuat bagian nuklir dari perencanaan militernya.

NATO "telah membuat keputusan untuk memperkuat komponen nuklir dalam rencana militer aliansi itu," kata Grushko.

Duta Besar Rusia untuk Washington, Anatoly Antonov, mengatakan pada hari Sabtu di Telegram bahwa bom B61 baru memiliki "signifikansi strategis" karena senjata nuklir taktis Rusia disimpan, namun bom AS ini hanya berjarak penerbangan singkat dari perbatasan Rusia.

B61-12 akan menggantikan tiga varian lain dari B61 yang saat ini dalam stok, nomor 3, 4, dan 7, menurut Administrasi Keamanan Nuklir Nasional AS dalam lembar fakta tahun lalu.

Amerika Serikat, menurut US 2022 Nuclear Posture Review yang diterbitkan pada hari Kamis, akan meningkatkan pencegahan nuklir dengan F-35, bom B61-12 dan rudal jelajah yang diluncurkan dari udara.

“Kemampuan yang fleksibel dan dapat disesuaikan ini adalah kunci untuk memastikan bahwa kepemimpinan Rusia tidak salah perhitungan mengenai konsekuensi penggunaan nuklir dalam skala apa pun, sehingga mengurangi kepercayaan mereka dalam memulai perang konvensional melawan NATO dan mempertimbangkan penggunaan senjata nuklir non-strategis sedemikian rupa. konflik," kata ulasan tersebut.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia dan Ukraina Amerika Serikat Senjata Nuklir Joe Biden Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :