Sabtu, 20/04/2024 00:10 WIB

Boris Johnson Batal Maju jadi Calon PM Inggris

Boris Johnson, yang tidak pernah secara resmi mengumumkan tawarannya untuk kembali ke Downing Street

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara selama pertemuan kabinet di 10 Downing Street di London, Inggris 14 Juni 2022. (Foto: Alberto Pezzali/Pool via Reuters)

London, Jurnas.com - Boris Johnson menarik diri dari kontes untuk menjadi pemimpin Inggris berikutnya. Sedianya, Ia mendapat dukungan dari anggota parlemen yang cukup untuk maju ke tahap berikutnya tetapi jauh lebih sedikit daripada mantan menteri keuangan Rishi Sunak.

"Ada peluang yang sangat bagus bahwa saya akan berhasil dalam pemilihan dengan anggota Partai Konservatif - dan bahwa saya memang bisa kembali ke Downing Street pada hari Jumat," kata Johnson dalam sebuah pernyataan.

"Tetapi dalam beberapa hari terakhir saya dengan sedih sampai pada kesimpulan bahwa ini bukan hal yang benar untuk dilakukan. Anda tidak dapat memerintah secara efektif kecuali Anda memiliki partai yang bersatu di parlemen."

Boris Johnson, yang tidak pernah secara resmi mengumumkan tawarannya untuk kembali ke Downing Street, telah menghabiskan akhir pekan mencoba membujuk anggota parlemen Konservatif untuk mendukungnya dan mengatakan pada hari Minggu bahwa ia mendapat dukungan dari 102 dari mereka.

Dia membutuhkan dukungan 100 orang pada hari Senin untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, yang akan membuatnya berhadapan langsung dengan Sunak dalam pemungutan suara oleh 170.000 anggota Partai Konservatif.

Berikut teks lengkap pernyataannya:

"Dalam beberapa hari terakhir saya kewalahan dengan banyaknya orang yang menyarankan agar saya sekali lagi bertarung dalam kepemimpinan Partai Konservatif, baik di kalangan masyarakat maupun di antara teman dan kolega di parlemen.

"Saya tertarik karena saya memimpin partai kami menuju kemenangan pemilu besar-besaran kurang dari tiga tahun lalu - dan saya percaya karena itu saya ditempatkan secara unik untuk mencegah pemilihan umum sekarang.

"Pemilihan umum akan menjadi gangguan bencana lebih lanjut ketika pemerintah harus fokus pada tekanan ekonomi yang dihadapi keluarga di seluruh negeri.

"Saya yakin saya ditempatkan dengan baik untuk memberikan kemenangan Konservatif pada tahun 2024 - dan malam ini saya dapat mengkonfirmasi bahwa saya telah melewati rintangan yang sangat tinggi dari 102 nominasi, termasuk pengusul dan pencalonan, dan saya dapat memasukkan nominasi saya besok. Ada kesempatan yang sangat baik bahwa saya akan berhasil dalam pemilihan dengan anggota Partai Konservatif - dan bahwa saya memang bisa kembali di Downing Street pada hari Jumat.

“Tetapi dalam beberapa hari terakhir saya dengan sedih sampai pada kesimpulan bahwa ini bukan hal yang benar untuk dilakukan. Anda tidak dapat memerintah secara efektif kecuali Anda memiliki partai yang bersatu di parlemen.

"Dan meskipun saya telah menghubungi Rishi dan Penny - karena saya berharap kita bisa bersatu demi kepentingan nasional - sayangnya kita tidak dapat menemukan cara untuk melakukan ini.

"Oleh karena itu saya khawatir hal terbaiknya adalah saya tidak mengizinkan pencalonan saya untuk maju dan memberikan dukungan saya kepada siapa pun yang berhasil.

"Saya yakin saya memiliki banyak hal untuk ditawarkan tetapi saya khawatir ini bukan waktu yang tepat."

KEYWORD :

Boris Johnson Inggris Downing Street




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :