Kamis, 18/04/2024 18:46 WIB

Innalillahi, Pesawat Korean Air Alami Overshoot di Bandara Filipina

Innalillahi, Pesawat Korean Air Alami Overshoot di Bandara Filipina.

Bagian yang rusak dari pesawat Korean Air Lines terletak setelah melewati landasan di Bandara Internasional Mactan Cebu di Cebu, Filipina tengah, pada Senin, 24 Oktober 2022. (Otoritas Penerbangan Sipil Filipina via AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Sebuah pesawat Korean Air mengalami overshoot saat mendarat di Bandara Internasional Cebu, Filipina, pada Minggu (23/10) malam. Tidak ada yang dilaporkan cedera di antara 173 orang di dalam pesawat tersebut.

Ke-11 awak dan 162 penumpang Korean Air penerbangan KE631 menggunakan perosotan darurat untuk menyelamatkan diri dari pesawat yang rusak, kata pejabat dan maskapai.

"Semua penumpang selamat dan dilayani oleh personel darat," kata Otoritas Penerbangan Sipil Filipina dalam sebuah pernyataan.

Pesawat tetap terjebak di rumput di ujung landasan pacu tunggal di Bandara Internasional Mactan Cebu pada Senin, memaksa penutupan bandara. Perut bagian depan pesawat terpotong, dan hidungnya rusak berat, lapor kantor berita Associated Press.

Pesawat berbaring miring ke depan di daerah berumput dengan roda pendaratan depannya tidak terlihat dan slide darurat dikerahkan di pintu, kata AP.

Puluhan penerbangan ke dan dari provinsi Cebu dibatalkan, termasuk maskapai berbendera Philippine Airlines, yang awalnya mengumumkan lebih dari 50 penerbangan domestik yang dibatalkan.

Airbus A330 dari Incheon, Korea Selatan, telah berusaha mendarat dua kali sebelum melampaui landasan pacu pada upaya ketiga, kata Korean Air Lines Co dalam sebuah pernyataan.

"Penumpang telah dikawal ke tiga hotel lokal dan penerbangan alternatif sedang diatur," kata maskapai penerbangan KE361. "Saat ini kami sedang mengidentifikasi penyebab insiden tersebut."

Presiden Korean Air Woo Kee-hong mengeluarkan surat permintaan maaf mengenai penerbangan di situs web maskapai, mencatat bahwa penyelidikan menyeluruh akan dilakukan dengan otoritas penerbangan lokal dan otoritas Korea untuk menentukan penyebabnya.

"Kami tetap berkomitmen untuk berdiri di belakang janji kami untuk operasi yang aman dan akan melakukan yang terbaik untuk melembagakan langkah-langkah untuk mencegah terulangnya kembali," kata Woo.

Korean Air belum pernah mengalami kecelakaan penumpang yang fatal sejak 1997, menurut Aviation Safety Network, sebuah situs web yang mengumpulkan kecelakaan penerbangan.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Bandara Internasional Cebu Korean Air Pesawat Alami Overshoot Filipina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :