Kamis, 25/04/2024 06:13 WIB

Perang Rusia dan Ukraina Dorong 4 Juta Anak ke Dalam Kemiskinan

Perang Rusia dan Ukraina Dorong 4 Juta Anak ke Dalam Kemiskinan.

Anak-anak bermain di atas kendaraan militer dan senjata Rusia yang hancur di luar Katedral St Michael, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di Kyiv, Ukraina, 1 Oktober 2022 (File: Ahmed Jadallah/ Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com -  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, invasi Rusia ke Ukraina dan meningkatnya inflasi telah mendorong sekitar empat juta anak ke dalam kemiskinan di seluruh Eropa Timur dan Asia Tengah.

"Anak-anak menanggung beban terberat dari krisis ekonomi yang disebabkan oleh perang di Ukraina," kata UNICEF, seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (17/10).

"Konflik dan meningkatnya inflasi telah mendorong tambahan empat juta anak di seluruh Eropa Timur dan Asia Tengah ke dalam kemiskinan, peningkatan 19 persen sejak 2021," katanya.

UNICEF menarik kesimpulannya dari studi data dari 22 negara.

Anak-anak Rusia dan Ukraina paling terpengaruh sejak Moskow menyerang tetangganya pada Februari.

"Rusia menyumbang hampir tiga perempat dari total peningkatan jumlah anak yang hidup dalam kemiskinan akibat perang Ukraina dan krisis biaya hidup di seluruh wilayah, dengan tambahan 2,8 juta anak sekarang tinggal di rumah tangga di bawah garis kemiskinan," kata UNICEF.

Pukulan terhadap ekonomi Rusia dari sanksi Barat telah digabungkan dengan populasinya yang besar untuk menghasilkan efek yang sangat besar. "Ukraina adalah rumah bagi setengah juta anak tambahan yang hidup dalam kemiskinan, bagian terbesar kedua," tambah UNICEF.

Rumania mengikuti di belakang, dengan 110.000 anak lagi hidup dalam kemiskinan. "Anak-anak di seluruh wilayah sedang tersapu oleh perang yang mengerikan ini," kata direktur regional UNICEF untuk Eropa dan Asia Tengah, Afshan Khan.

"Jika kita tidak mendukung anak-anak dan keluarga ini sekarang, peningkatan tajam dalam kemiskinan anak hampir pasti akan mengakibatkan hilangnya nyawa, kehilangan pembelajaran, dan kehilangan masa depan," sambungnya.

Semakin miskin sebuah keluarga, semakin besar proporsi pendapatannya yang harus dihabiskan untuk makanan dan bahan bakar, menyisakan lebih sedikit untuk perawatan kesehatan dan pendidikan anak-anak, agensi tersebut menjelaskan.

"Mereka juga lebih berisiko mengalami kekerasan, eksploitasi dan pelecehan," tuturnya.

UNICEF mengatakan, ini bisa berarti tambahan 4.500 anak meninggal sebelum ulang tahun pertama mereka, dan tambahan 117.000 anak putus sekolah tahun ini saja

Ini menyerukan berbagai langkah untuk mengatasi masalah ini, termasuk memberikan manfaat tunai universal untuk anak-anak dan melindungi pengeluaran sosial, terutama untuk anak-anak dan keluarga yang paling rentan.

"Langkah-langkah penghematan akan sangat merugikan anak-anak – menjerumuskan lebih banyak anak ke dalam kemiskinan dan mempersulit keluarga yang sudah berjuang," kata Khan. "Kita harus melindungi dan memperluas dukungan sosial untuk keluarga rentan sebelum situasinya menjadi lebih buruk."

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Perang Rusia dan Ukraina Anak-anak Jatuh Miskin UNICEF




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :