Kamis, 25/04/2024 07:21 WIB

AS Umumkan Paket Bantuan Militer Baru Ukraina Senilai Rp 11,2 Triliun

AS Umumkan Paket Bantuan Militer Baru Ukraina Senilai Rp 11,2 Triliun.

Pemandangan menunjukkan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 (HIMARS) ditembakkan di lokasi yang dirahasiakan, di Ukraina dalam gambar diam ini diperoleh dari video media sosial tak bertanggal yang diunggah pada 24 Juni 2022 via Pavlo Narozhnyy/via REUTERS

JAKARTA, Jurnas.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan mengirim Ukraina paket senjata tambahan senilai $725 juta atau sekitar Rp 11,2 triliun dan bantuan militer lainnya.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat bahwa bantuan tersebut mengikuti setelah serangan rudal brutal Rusia terhadap warga sipil di seluruh Ukraina, dan bukti yang meningkat dari kekejaman oleh pasukan Rusia.

"Ketika pembela Ukraina mendorong kembali pasukan Rusia, AS bersatu dengan Ukraina," kata Blinken kemudian dalam sebuah tweet, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (15/10).

Paket militer terbaru Washington mencakup lebih banyak amunisi untuk HIMARS (Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi) dan menjadikan total bantuan militer AS ke Ukraina menjadi $18,3 miliar sejak awal pemerintahan Joe Biden, kata Departemen Pertahanan dalam pernyataan terpisah.

AS telah mengirim 20 HIMARS ke Ukraina dan menjanjikan 18 lagi yang akan dikirimkan di tahun-tahun mendatang. HIMARS telah terbukti menjadi senjata penting yang telah meningkatkan kemampuan Ukraina menyerang depot amunisi, jembatan, dan target utama lainnya yang mengikis kemampuan Rusia untuk memasok pasukan.

Para pejabat mengatakan paket baru AS sebagian besar ditujukan untuk mengisi kembali ribuan amunisi untuk sistem senjata yang telah berhasil digunakan Ukraina dalam serangan balasannya terhadap Rusia, saat perang memasuki bulan kedelapan.

Kebutuhan mendesak Ukraina terus menjadi pertahanan udara tambahan, kata Departemen Pertahanan dalam sebuah pernyataan.

"Rusia telah meluncurkan ratusan roket ke kota-kota besar Ukraina. Pasukan Ukraina telah berhasil menembak jatuh rudal, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak kemampuan pertahanan udara,” kata pernyataan itu.

Seorang pejabat senior pertahanan mengatakan kepada wartawan di Pentagon bahwa Rusia telah menembakkan lebih dari 80 rudal ke sasaran Ukraina selama satu periode 24 jam baru-baru ini dan pertahanan udara Ukraina mampu mencegat sekitar setengahnya.

Komitmen datang ketika Rusia telah mengintensifkan serangannya, menghantam wilayah Kyiv dengan drone kamikaze dan menembakkan rudal di tempat lain ke sasaran sipil, termasuk rumah sakit, taman kanak-kanak dan bangunan lain di kota Nikopol, di seberang sungai dari Nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Rusia. Pembangkit listrik.

Serangan itu digambarkan sebagai balas dendam Rusia atas pemboman Jembatan Kerch strategis yang menghubungkan Rusia dengan Krimea yang dicaplok. Elang perang Kremlin telah mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk meningkatkan kampanye pemboman bahkan lebih untuk menghukum Ukraina atas serangan bom truk baru-baru ini di jembatan.

Ukraina belum mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Lonjakan serangan rudal Rusia juga merupakan upaya mendesak Moskow untuk mendapatkan kembali pijakannya karena serangan balik sengit Ukraina telah merebut kembali kota-kota dan wilayah yang telah dikuasai Rusia pada hari-hari awal perang.

KEYWORD :

Paket Bantuan Militer Perang Rusia dan Ukraina Amerika Serikat Antony Blinken HIMARS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :