Jum'at, 26/04/2024 02:02 WIB

Ukraina Tuduh Rusia Lakukan Pemerasan Nuklir

Ukraina Tuduh Rusia Lakukan Pemerasan Nuklir.

Seorang prajurit dengan bendera Rusia di seragamnya berjaga di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia selama konflik Ukraina-Rusia di luar kota Enerhodar yang dikuasai Rusia di wilayah Zaporizhzhia, Ukraina, pada 4 Agustus 2022. (Foto: REUTERS / Alexander Ermochenko)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy menuduh Rusia melakukan pemerasan nuklir atas penyitaan pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar Eropa di wilayah Zaporizhzhia.

Rusia merebut pabrik itu pada Maret, tak lama setelah menginvasi Ukraina, dan Presiden Vladimir Putin memerintahkan pemerintahnya pada Rabu untuk mengambil alih. Pabrik tersebut adalah yang terbesar di Eropa, dan staf Ukraina terus mengoperasikannya.

"(Penangkapan) pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia (singkatan) untuk pemerasan nuklir dan untuk memberikan tekanan pada dunia dan Ukraina," kata Zelenskyy dalam sebuah alamat video kepada lembaga pemikir Lowy yang berbasis di Sydney melalui seorang penerjemah.

"Anda tidak menggunakan senjata, tetapi Anda masih bisa memeras dengan tidak memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir yang bekerja untuk rakyat - rakyat tidak menerima listrik," sambungnya.

Sebelum invasi Rusia, pembangkit tersebut menyediakan sekitar seperlima dari listriknya untuk Ukraina. Moskow dan Kyiv saling menuduh menembaki wilayah pabrik, yang berisiko menimbulkan bencana nuklir.

Kepala pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa Rafael Grossi diperkirakan akan mengadakan pembicaraan di Kyiv pada hari Kamis tentang menciptakan zona perlindungan di sekitar pembangkit listrik.

Dalam pidatonya, Zelenskyy mendesak Australia untuk menggunakan pengaruhnya untuk membantu menyatukan dunia dalam menanggapi Rusia.

Di PBB, Majelis Umum PBB akan mempertimbangkan minggu depan apakah akan mengutuk pencaplokan Rusia atas Donetsk dan Luhansk di Ukraina timur dan Kherson dan Zaporizhzhia di selatan. Rusia sedang melobi agar masalah ini dipilih melalui pemungutan suara rahasia.

"Kita sekarang harus memperbaiki upaya bersama kita dengan cara membuat suara di Majelis Umum untuk resolusi ini dengan suara bulat mungkin," kata Zelenskyy.

Ia mengatakan bahwa Putin sedang menganalisis tanggapan terhadap gerakan pencaplokannya, yang ditolak oleh Kiev dan Barat sebagai tindakan ilegal. "Jika respons dunia lemah maka Rusia akan muncul dengan eskalasi baru," kata Zelenskyy.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia dan Ukraina Volodymyr Zelenskyy Zaporizhzhia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :