Kamis, 25/04/2024 01:17 WIB

Presiden Filipina Marcos Jr Beri Sinyal Impor Bahan Bakar Rusia

Presiden Filipina Marcos Jr Beri Sinyak Impor Bahan Bakar Rusia.

Presiden Ferdinand Marcos Jr menghadapi seruan untuk menuntut Duterte atas kematian perang narkoba tetapi malah memuji pendahulunya dalam pidato baru-baru ini (File: Jamillah Sta Rosa via AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr mengatakan negaranya mungkin perlu beralih ke Rusia untuk memenuhi kebutuhan bahan bakarnya di tengah kenaikan harga energi global, melawan tekanan dari sekutu Barat agar negara-negara tersebut menghindari Moskow.

Berbicara kepada Manila Overseas Press Club, Marcos, yang juga Menteri Pertanian, mengatakan Filipina mungkin juga akan berurusan dengan Rusia untuk pasokan pupuk.

"Kami menganggap kami mengambil pandangan yang sangat seimbang karena kebenarannya adalah, kami mungkin harus berurusan dengan Rusia untuk bahan bakar, untuk pupuk," kata Marcos.

Lumbung Padi Asia seperti banyak negara bergulat dengan inflasi yang melonjak, karena masalah pasokan yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina. Filipina, sekutu pertahanan Amerika Serikat (AS), belum menjatuhkan sanksi apa pun terhadap Rusia.

Marcos, putra dan senama mendiang orang kuat yang memerintah Filipina selama dua dekade, juga mengatakan ia ingin negaranya memainkan peran kunci dalam mempromosikan perdamaian regional, di tengah tantangan yang ditimbulkan oleh ketegangan Korea Utara dan China-Taiwan.

"Kami berharap bisa menjadi bagian dari yang memimpin, yang memimpin upaya perdamaian," katanya.

Ia mengatakan akan mengusulkan pendekatan baru terhadap krisis di Myanmar pada pertemuan mendatang Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada November, yang dapat melibatkan keterlibatan pemerintah militer secara langsung.

Junta penguasa Myanmar telah dilarang menghadiri pertemuan puncak regional karena kegagalannya menerapkan rencana perdamaian lima poin yang disepakati dengan ASEAN pada April tahun lalu, setelah gejolak kekerasan meletus di negara itu menyusul kudeta militer.

Para jenderal telah marah dengan pendirian ASEAN yang luar biasa keras dan mengatakan mereka berniat untuk mematuhi rencananya, tetapi tidak akan menyetujui seruannya untuk mengadakan dialog dengan gerakan perlawanan pro-demokrasi yang mereka sebut "teroris".

"Sudah waktunya untuk menyatukan, mengajukan beberapa proposal konkret tentang apa yang dapat kita lakukan setidaknya untuk membawa setidaknya perwakilan pemerintah militer ke meja sehingga kita dapat mulai membicarakan hal-hal ini," kata Marcos.

Pada hari Rabu, Kamboja, ketua ASEAN saat ini, mengkonfirmasi kepada Reuters bahwa permintaan telah dikirim ke Dewan Administratif Negara, sebutan junta, untuk mencalonkan seorang tokoh non-politik untuk mewakili Myanmar pada pertemuan puncak para pemimpin yang akan datang.

"Sekali lagi, SAC menolak mengirim siapa pun ke KTT itu," kata juru bicara Luar Negeri Kamboja, Chum Sounry.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Impor Bahan Bakar Rusia Asia Tenggara Ferdinand Marcos Jr Filipina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :