Sabtu, 20/04/2024 02:50 WIB

Pemimpin Chechnya Kirim Putranya yang Masih Remaja Berperang di Ukraina

Pemimpin Chechnya Kirim Putranya yang Masih Remaja Berperang di Ukraina

Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov. (Chingis Kondarov/Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov mengatakan akan mengirim ketiga putranya yang masih remaja ke garis depan untuk berperang di Ukraina setelah menegur para pemimpin militer Moskow atas serangkaian kekalahan di medan perang.

Kadyrov, yang memimpin pasukan pribadi yang bertempur di Ukraina, sebelumnya menuntut agar komandan pasukan Rusia di Ukraina timur dilucuti medalinya dan dikirim ke garis depan untuk berperang. Ia mengkritik Kolonel Jenderal Aleksandr Lapin, menyebutnya "biasa-biasa saja".

Sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, telah meningkatkan vitriol-nya untuk kepala militer sejak penarikan pasukan Rusia dari kota kunci Lyman di Ukraina timur.

Di aplikasi perpesanan Telegram, Kadyrov mengunggah video anak-anaknya, Akhmat, 16, Eli, 15, dan Adam, 14, menembakkan senjata. Ia menulis bahwa mereka akan segera "di bagian paling sulit dari jalur kontak".

Ia mengatakan para remaja telah dilatih untuk pertempuran "hampir dari tahun-tahun termuda mereka dan menegaskan tidak bercanda. "Saatnya membuktikan diri dalam pertarungan nyata, saya hanya bisa menyambut keinginan ini," kata Kadyrov.

Video tersebut menunjukkan anak laki-laki dalam pakaian kamuflase dan kacamata hitam, di tank, senjata diikatkan ke pinggang mereka, menembak peluncur roket dan senapan mesin. Terkadang, para remaja tersenyum saat memotret atau mengacungkan jempol.

Kadyrov telah menjadi salah satu pendukung Rusia yang paling vokal dan invasinya ke Ukraina. Ia juga menyarankan Rusia mempertimbangkan untuk menggunakan senjata nuklir taktis kecil.

Kremlin pada hari Senin menolak seruannya untuk menggunakan senjata nuklir hasil rendah di Ukraina.

Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov menanggapi pernyataan Kadyrov dengan mengatakan, "Ini adalah momen yang sangat emosional. Kepala daerah berhak menyampaikan pendapatnya. Bahkan pada saat-saat sulit, emosi tetap harus dikecualikan dari penilaian apa pun."

Meski demikian, Peskov memuji kontribusi heroik pemimpin Chechnya dalam operasi militer di Ukraina.

Yevgeny Prigozhin, pendiri Kelompok tentara bayaran Wagner dan dikenal sebagai koki Putin, memberi selamat kepada Kadyrov atas sambutannya. "Ramzan – kamu pria rock!" kata Prigozhin dalam sebuah pernyataan. "Semua bajingan ini harus dikirim tanpa alas kaki ke depan dengan senjata otomatis."

Ketika ditanya apakah kata-katanya harus dianggap sebagai kritik terhadap Kementerian Pertahanan Rusia, Prigozhin menjawab, "Tuhan melarang."

"Pernyataan-pernyataan ini bukan kritik, tetapi hanya manifestasi cinta dan dukungan," kata Prigozhin, yang tentara bayarannya telah berkecimpung dalam konflik di Mali, Republik Afrika Tengah, Libya, dan Suriah.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Perang Rusia dan Ukraina Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :