Kamis, 25/04/2024 04:39 WIB

Perum Bulog Menjamin Kertersediaan Beras di Masyarakat

Perum Bulog Menjamin Kertersediaan Beras di Masyarakat

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso mendampingi Menteri Perdagangan Zulkufli Hasan (Zulhas) melakukan sidak ke pasar induk beras Cipinang dalam rangka memastikan ketersediaan beras Operasi Pasar guna menyikapi kenaikan harga komoditas tersebut.

JAKARTA, Jurnas.com – Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso mendampingi Menteri Perdagangan Zulkufli Hasan (Zulhas) melakukan sidak ke pasar induk beras Cipinang dalam rangka memastikan ketersediaan beras Operasi Pasar guna menyikapi kenaikan harga komoditas tersebut.

Buwas, sapaan Budi Waseso, mengatakan Bulog sebagai buffer stok cadangan beras pemerintah menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada sedikit kenaikan harga.

"Masyarakat jangan khawatir, Bulog punya stok beras yang cukup untuk program Operasi Pasar yang sudah berjalan lancar sepanjang tahun ini, dan sekarang Operasi Pasar ini makin kami masivkan di seluruh Indonesia," kata  Buwas

Saat ini Bulog sangat fokus intervensi stabilitas harga beras di masyarakat, untuk itu Bulog berupaya maksimal dalam pelaksanaan program stabilisasi tersebut tanpa ada unsur kepentingan apapun kecuali kepentingan rakyat.

"Kami juga melakukan pemantauan harga secara terus menerus di tengah situasi saat ini dan melibatkan semua stakeholder terkait termasuk Satgas Pangan," imbuh Buwas.

Sebelumnya, pemerintah telah telah menugaskan Perum Bulog melaksanakan Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) beras medium yang dilakukan sepanjang tahun hingga 31 Desember 2022 di seluruh wilayah di Indonesia.

Pada program ini, Perum Bulog perlu mengoptimalkan penyaluran beras medium untuk mengisi pasokan beras medium secara terus-menerus kepada pedagang eceran di pasar rakyat, ritel modern, tetapi pedagang eceran lainnya yang mudah dijangkau masyarakat dengan harga jual maksimal di tingkat konsumen akhir sesuai Harga Eceran tertinggi (HET), baik secara langsung oleh Perum Bulog maupun melalui distributor/mitra Perum Bulog.

Perum Bulog telah menyalurkan KPSH beras medium sejak Januari—30 September 2022 dengan realisasi sebesar 652.768 ton, dan khusus DKI Jakarta sebesar 31.715 ton.

Sebagai informasi, kunjungan ini juga dihadiri Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, serta Satuan Tugas Pangan Polri, ID FOOD, dan Dinas Pemprov DKI Jakarta tersebut.

 

 

 
KEYWORD :

Budi Waseso Perum Bulog Ketersediaan Beras Program KPSH




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :