Jum'at, 19/04/2024 13:52 WIB

Harga BBM Subsidi Dinilai Belum Perlu Penyesuaian

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi sebaiknya tidak diturunkan dalam waktu dekat.

Ilustrasi BBM (foto: camargus)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan menilai harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi sebaiknya tidak diturunkan dalam waktu dekat. Hal itu menanggapi penurunan harga BBM jenis Pertamax dan Dex.
 
Dia melihat pemerintah masih menanggung beban subsidi dan juga kompensasi untuk Pertalite dan solar subsidi
 
"Saya kira saat ini untuk BBM subsidi masih belum bisa dilakukan penyesuaian harga karena memang secara keekonomian masih jauh dibawah keekonomian," kata Mamit kepada wartawan.
 
Mamit berkata saat ini beban kompensasi Pertalite masih di Rp 3.150 per liter dan solar masih Rp7.950 per liter. 
 
"Jadi agak berat sepertinya karena pemerintah melakukan perhitungan untuk Jenis BBM Tertentu (JBT) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) ini dalam asumsi jangka panjang," ujarnya
 
Lebih lanjut, Mamit menekankan penurunan harga minyak dunia juga baru berlangsung dalam beberapa waktu ini saja. Sehingga, dia khawatir penurunan harga BBM subsidi tidak diimbangi dengan penurunan harga barang dan jasa juga. 
 
Sehingga malah tidak memberi pengaruh signifikan dari kebijakan pemerintah menurunkan harga BBM subsidi.
 
Terkait kondisi itu, Mamit mengajak masyarakat untul mengawasi pengalihan subsidi BBM ke dalam bentuk bantuan sosial.
 
“Apa yang dilakukan pemerintah ini sudah tepat dan perlu kita dukung, yang perlu kita kawal bagaimana pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Langsung Upah (BLU) benar-benar tepat sasaran,” ucapnya.
 
Dia mengaku masih mendapat banyak aduan bahwa orang-orang yang laik menerima justru belum mendapatkan manfaat subsidi sosial tersebut.
 
“Yang dapat BLU itu-itu lagi orangnya dan sebetulnya mereka orang mampu, ini menjadi upaya yang harus diperbaiki bersama,” ujar Mamit.
KEYWORD :

Kenaikan Harga BBM Harga BBM Subsidi Belum Perlu Penyesuaian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :