Jum'at, 26/04/2024 05:46 WIB

HGN 2022, Kemdikbudristek Siapkan Apresiasi untuk Guru dan Tendik

HGN 2022, Kemdikbudristek Siapkan Apresiasi untuk Guru dan Tendik

Ilustrasi guru (Foto: Tanoto Foundation)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), menyiapkan apresiasi bagi guru dan tenaga kependidikan, dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) 2022.

Penghargaan ini merupakan upaya pemerintah memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang inspiratif dalam mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar.

"Guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa, sekaligus menjadi agen transformasi dalam proses penguatan SDM. Hal ini senada dengan tujuan Kemdikbudristek melalui kerangka besar Merdeka Belajar, yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila," ujar Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani, di Jakarta pada Rabu (21/9).

Untuk mendaftar dalam Apresiasi GTK ini, peserta yang merupakan semua guru dan tenaga kependidikan di bawah Kemdikbudristek, wajib memiliki akun belajar.id dan mengunggah karyanya dalam Platform Merdeka Mengajar.

"Bapak dan ibu jangan khawatir, untuk memperdalam persyaratan, bagaimana cara mendaftar dan sebagainya, bapak dan ibu bisa mengikuti webinar sosialisasi lanjutan yang diselenggarakan oleh masing-masing direktorat jenjang," jelas Renny Yunus selaku Kapokja Regulasi, Transformasi Tata Kelola dan Asesmen SDM Guru Dikmen Diksus.

Adapun persyaratan karya inovatif yang dibuat harus berupa video berdurasi 5-10 menit tanpa musik latar yang berisi praktik baik yang telah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan/atau tindak lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi oleh guru dan pamong belajar.

Selain itu, karya inovatif yang perlu diunggah berupa naskah yang relevan terkait video inspiratif, dengan minimal 1.500 kata dan maksimal 2.000 kata.

Adapun periode pendaftaran apresiasi dibuka pada 19 September—22 Oktober 2022 melalui laman https://gtk.kemdikbud.go.id/apresiasigtk. Guru inspiratif yang terpilih akan diundang pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2022 pada 26 November 2022.

KEYWORD :

HGN 2022 Hari Guru Nasional Kemdikbudristek Nunuk Suryani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :