Kamis, 18/04/2024 15:12 WIB

Turunkan Stunting di Kalimantan Barat, Bulog Peduli Gelontorkan Beras Fortivit

Turunkan stunting di Kalimantan Barat, Bulog Peduli gelontorkan Beras Fortivit.

Pengukuran berat badan balita. (Foto: Humas Bulog)

JAKARTA, Jurnas.com -  Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) menggelontorkan Beras Fortivit di tengah gejolak kerawanan gizi balita di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Melalui program "Bulog Peduli Gizi", Perum Bulog memberikan bantuan Beras Fortivit untuk 50 ibu hamil kurang energi kronik dan 30 balita rawan gizi di Mempawah yang kebutuhannya akan dipenuhi selama tiga bulan dengan total paket Beras Fortivit sebanyak 2.520 kg.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Pemimpin Wilayah Bulog Kalimantan Barat, Bambang Prihatomoko pada Rabu (28/09) kepada target sasaran, yang dihadiri Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Mempawah, Ketua TP-PKK Kabupaten Mempawah dan perangkat desa setempat.

Dalam sambutannya, Bambang Prihatmoko menyampaikan bahwa Perum Bulog selalu berupaya untuk mendukung percepatan penurunan prevalensi Balita BGM (Bawah Garis Merah) melalui penyediaan bahan pangan sehat, seimbang serta terjamin keamanannya.

"Bulog sebagai perusahaan negara yang bergerak di bidang pangan memiliki perhatian serta kepedulian pada peningkatan gizi masyarakat, melalui penyediaan produk pangan yang sehat, berkualitas, dan kaya nutrisi," tuturnya.

"Bulog juga mempunyai komitmen untuk turut serta menyukseskan program pemerintah dalam pencegahan dan penurunan angka stunting di Indonesia," tambah Bambang seraya menyapa para penerima manfaat.

Selain memberikan bantuan Beras Fortivit, Bulog juga menanamkan nilai-nilai kepedulian masyarakat terhadap pemenuhan gizi keluarga dengan menyelenggarakan Penyuluhan Gizi Sehat dan Pelatihan Mengolah Makanan Sehat dengan Beras Fortivit sehari sebelum pemberian bantuan.

"Kami menghadirkan langsung Dokter Spesialis Anak serta Dokter Pendamping dari Jakarta untuk memberikan edukasi kepada kader posyandu dan masyarakat dari beberapa penjuru desa di Kabupaten Mempawah terkait kepedulian pemenuhan gizi keluarga," kata Bambang.

Selain itu, Perum Bulog juga menyerahkan bantuan paket alat pengukur badan Balita (Antropometri kit), mainan untuk mendukung tumbuh kembang anak, dan sarana pendukung untuk Posyandu Desa Sungai Kunyit dan Desa Sungai Bundung Laut.

Setelah sebelumnya dilaksanakan di beberapa wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, NTT, serta saat ini di Kalimantan Barat, Bulog akan terus memperluas cakupan Bulog Peduli Gizi ke berbagai Provinsi di Indonesia khususnya di wilayah dengan prevalensi kerawanan gizi yang tinggi.

KEYWORD :

Beras Fortivit Bulog Peduli Gizi Bawah Garis Merah Percepatan Penurunan Stunting Mempawah Kalimanta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :