Jum'at, 19/04/2024 22:45 WIB

Besok FPI Sambangi Mabes Polri

FPI ingin Kapolri segera mencopot Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Anton Charliyan.

Massa FPI saat terjadi bentrok dengan GMBI

Jakarta - Ormas Front Pembela Islam (FPI), besok atau Senin (16/1) akan menyambangi Mabes Polri terkait penganiayaan yang dilakukan LSM gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) terhadap anggota FPI beberapa waktu di Bandung, Jawa Barat.

Aksi kali, FPI ingin Kapolri segera mencopot Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Anton Charliyan. FPI berpendapat Anton telah membiarkan insiden penyerangan dan penganiayaan terhadap FPI yang dilakukan kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI).

Selain itu massa juga menuntut agar kepolisian secepatnya mengusut tuntas kasus tersebut, dan menangkap aktor intelektual yang berada di balik bentrokan. Aksi ini, dalam surat pemberitahuan kepada Polda Metro Jaya, FPI akan mengerahkan lima ribu anggotanya.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal M Iriawan mengatakan pihaknya telah menerima laporan mengenai rencana unjuk rasa yang akan digelar oleh Front Pembela Islam (FPI) di Mabes Polri, Senin besok (16/1).

Menurutnya, dari laporan yang diserahkan FPI, sedikitnya lima ribu anggota FPI akan hadir dalam orasi tersebut. Namun, Iriawan meragukan laporan jumlah tersebut akan sesuai dengan massa yang akan datang ke lapangan.

"Belum tentu besar-besaran, yang jelas kami amankan. Kami akan layani FPI yang mau unjuk rasa. Kami akomodir mereka yang mau menyampaikan aspirasi," kata Iriawannya.

Unjuk rasa tersebut  akan dipimpin langsung oleh Imam Besar FPI DKI Jakarta Habib Muhsin bin Ahmad Alattas dan Juru Bicara FPI Munarman. Dua nama tersebut tercantum dalam surat pemberitahuan yang diserahkan ke kepolisian. "Di dalam itu tertulis salah satu Muhsin dan Munarman," kata dia.

Menghadapi aksi itu, Polda Metro Jaya juga sudah menyiapkan hampir tiga ribu personel gabungan TNI dan Polri dalam pengamanan unjuk rasa. "Total, ada 2800 personel. 2000 dari kami (Polri) sisanya dari Kodam," ujar dia.

B

KEYWORD :

Aksi FPI Kapolda Metro Jaya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :