Kamis, 25/04/2024 09:27 WIB

Besok, Dua Calon Pengganti Lili KPK Jalani Tes Wawancara di Komisi III DPR

Politikus Golkar ini menegaskan bahwa proses pemilihan pengganti Lili Pintauli hanya akan melalui tes wawancara, bukan voting.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Dua nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pengganti Lili Pintauli Siregar sudah diterima pimpinan DPR RI. Mereka yakni, I Nyoman Wara dan Johanis Tanak akan menjalani tes wawancara yang akan digelar Komisi III DPR RI, besok (Rabu, 28/9).

Hal itu sebagaimana diutarakan Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir kepada wartawan, Selasa (27/9).

"Besok, jam 14.00 WIB," ungkapnya.

Politikus Golkar ini menegaskan bahwa proses pemilihan pengganti Lili Pintauli hanya akan melalui tes wawancara, bukan voting.

"Hanya wawancara saja," jelas Adies.

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara resmi menerima nama pengganti Lili Pintauli Siregar sebagai wakil ketua KPK.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad membacakan telah menerima surat presiden pergantian pimpinan KPK. Surat itu dibacakan dalam rapat paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/9).

"Sidang dewan yang terhormat perlu kami beritahukan bahwa pimpinan dewan sudah menerima satu pucuk surat dari Presiden RI Nomor R-44 tanggal 9 September perihal calon anggota pengganti pimpinan KPK," ujar Dasco.

Maka, DPR akan segera menindaklanjuti surat presiden tersebut. Adapun sebelumnya disebutkan nama calon pimpinan KPK pengganti Lili adalah I Nyoman Wara dan Johanis Tanak.

"Surat-surat tersebut akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan peraturan dpr nomor 1 tahun 2020 tentang tata tertib dan mekanisme yang berlaku," kata Dasco.

Adapun Dewan Pengawas KPK mencopot Lili Pintauli Siregar dari jabatan Wakil Ketua KPK. Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean menyebut surat pengunduran diri Lili sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Lili diduga menerima gratifikasi dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Pertamina.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi III Adies Kadir KPK Lili Pintauli Siregar gratifikasi tes wawancara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :