Sabtu, 20/04/2024 08:56 WIB

Zelenskyy Percaya Putin Bisa Nekat Gunakan Senjata Nuklir

Zelenskyy percaya Putin bisa nekat gunakan senjata nuklir.

Perintah presiden Ukraina memecat Kepala Dinas Keamanan Ukraina Ivan Bakanov, teman masa kecil Zelenskyy, dan Jaksa Agung Iryna Venediktova (File: Kantor Pers Presiden Ukraina via AP Photo)

JAKARTA, Jurnas.com -  Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan tidak berpikir Vladimir Putin hanya menggertak ketika mengatakan Moskow akan siap menggunakan senjata nuklir untuk membela Rusia.

Pekan lalu, Presiden Rusia mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi bahwa Moskow akan menggunakan semua sarana yang tersedia untuk melindungi Rusia dan rakyatnya jika integritas teritorialnya terancam.

"Dengar, mungkin kemarin itu gertakan. Sekarang, itu bisa menjadi kenyataan," cetus Zelenskyy dalam wawancara dengan media terkemuka Amerika Serikat (AS), CBS News, yang dipublikasikan Minggu (25/9) waktu setempat. "Saya tidak berpikir dia menggertak," tambah Zelenskyy.

Presiden Ukraina mengatakan serangan Rusia pada atau di dekat dua pembangkit nuklir Ukraina dapat dianggap sebagai penggunaan senjata nuklir atau pemerasan nuklir kontemporer.

Kyiv menuduh Moskow berulang kali menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Rusia selama perang di Ukraina, dan baru-baru ini melakukan serangan rudal di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Pivdennoukrainska.

Moskow membantah menembaki pabrik Zaporizhzhia. Sebaliknya, Beruang Merah, julukan Rusia, menuduh Kyivlah yang bertanggung jawab.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia dan Ukraina Volodymyr Zelenskyy Vladimir Putin Senjata Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :