Jum'at, 19/04/2024 21:11 WIB

Pengacara Lukas Enembe Respons Jokowi: Bapak Sedang Sakit

Stefanus berharap Jokowi dapat memahami kondisi kesehatan Lukas Enembe.

Kuasa Hukum Gubernur Papua Lukas Enembe Stefanus Roy Rening.

Jakarta, Jurnas.com Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, merespons permintaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang meminta kliennya untuk menghormati proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Stefanus berterima kasih karena Jokowi menaruh perhatian terhadap kasus dugaan korupsi yang melibatkan Lukas. Namun, ia menjelaskan jika Lukas sedang sakit sehingga tidak dapat memenuhi panggilan KPK.

"Kita menghormati Bapak Presiden mengatakan seperti itu, tapi Bapak Presiden tahu bahwa Bapak Lukas sakit, kita menunggu sampai beliau sembuh karena salah satu syarat orang diminta keterangan (adalah) harus sehat, kalau sakit bagaimana mau datang," ujar Stefanus saat konferensi pers di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (26/9).

Dia mengatakan jika Lukas Enembe menderita komplikasi. Stefanus berharap Jokowi dapat memahami kondisi kesehatan Lukas Enembe.

"Tapi kita juga mau sampaikan pada Pak Presiden Jokowi, bapak (Lukas Enembe) sedang sakit dan bagaimana kita mencari solusinya agar disembuhkan dulu penyakitnya baru kita masuk ke tahap penyidikan," kata Stefanus.

"Jangan sampai malah membuat pak Lukas Sakin parah," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar Lukas Enembe menghormati pemanggilan pemeriksaan yang dilayangkan oleh KPK.

Politikus Partai Demokrat itu diketahui dipanggil untuk diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pekerjaan proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua pada hari ini.

"Saya sudah sampaikan juga agar semuanya menghormati panggilan dari KPK menghormati proses hukum yang ada di KPK. Semuanya," kata Jokowi kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Jokowi menegaskan bahwa semua pihak harus menghormati proses hukum yang sedang berjalan, termasuk Lukas Enembe. Dia menekankam bahwa semua warga negara sama di mata hukum.

"Saya kira proses hukum yang ada di KPK semuanya harus menghormati," tegas Jokowi.

KEYWORD :

KPK Gubernur Papua Lukas Enembe Korupsi Proyek Presiden Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :