Kamis, 25/04/2024 17:50 WIB

Presiden Zelenskyy Kesal Israel Belum Kirim Bantuan Senjata untuk Lawan Rusia

Presiden Zelenskyy kesal Israel belum kirim bantuan senjata untuk lawan Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara selama sesi parlemen di Kyiv, Ukraina, pada 3 Mei 2022. (Foto: Layanan Pers Presiden Ukraina/Handout via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan "terkejut" atas kegagalan Israel untuk memberikan sistem anti-rudal Kyiv untuk membantu melawan serangan Rusia.

Zelenskyy telah meminta senjata sejak tak lama setelah perang dimulai pada Februari. Ia menyebut sistem Iron Dome Israel, yang sering digunakan untuk mencegat roket yang ditembakkan oleh pejuang Palestina di Gaza.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi pada Israel. Saya jujur, terus terang – saya kaget karena saya tidak mengerti mengapa mereka tidak bisa memberi kami pertahanan udara," katanya.

Pernyataan Zelenskyy kali ini lebih kuat daripada yang pada bulan Maret ketika ia mencaci Israel karena keengganannya untuk mengirim senjata. Pada saat itu, Israel tidak berkomitmen, mengatakan akan membantu Ukraina sebanyak mungkin.

Israel, yang telah mengutuk invasi Rusia, mewaspadai hubungan yang tegang dengan Moskow. Pasalnya, Rusia merupakan pialang kekuasaan di negara tetangga Suriah di mana pasukan Israel sering melancarkan serangan terhadap apa yang mereka katakan sebagai pejuang pro-Iran.

Dalam cahaya yang sama, Israel mengirim bantuan kemanusiaan ke Ukraina dan menyatakan dukungan untuk rakyatnya, tetapi pemerintah tidak ikut serta dalam sanksi internasional terhadap Rusia.

Rusia di masa lalu menuduh Israel mendukung "neo-Nazi" di Ukraina. "Saya mengerti – mereka memiliki situasi yang sulit, mengenai situasi dengan Suriah dan Rusia," kata Zelenskyy, menambahkan bahwa ia tidak membuat tuduhan.

"Saya menyatakan fakta. Percakapan saya dengan kepemimpinan Israel tidak membantu Ukraina," tambahnya.

Dalam panggilan telepon dengan Zelenskyy pada 1 September, Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengatakan dia dan rekannya“berbicara tentang situasi pertempuran di Ukraina, dan ia menyatakan belasungkawa atas korban tewas dan terluka dalam perang.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Iron Dome Israel Volodymyr Zelenskyy Perang Rusia dan Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :